Mengerti pengertian propagasi

Pada dasarnya definisi propagasi adalah waktu yang dibutuhkan agar domain bisa ter-resolve ke tujuan IP yang sudah di set. Ketika Anda melakukan penambahan domain baru ke DNS control panel, maka dibutuhkan waktu agar nantinya DNS tersebut bisa ter-propagasi sempurna di internet.


Dari mana Server Nama Root menerima informasi?


Server nama root akan meminta "pendaftar domain" beberapa kali sehari. Server nama root akan mengumpulkan informasi ini dari banyak pendaftar yang ada sekarang dan memperbarui catatan master mereka. Sekarang ISP Anda harus mengakses server Nama Akar mereka dan memperbarui DNS mereka. catatan yang berada di server DNS lokal mereka. Proses ini sepenuhnya otomatis dan sebagian besar ISP akan memeriksa pembaruan server Root Name setiap 24 jam. Namun berhati-hatilah bahwa beberapa ISP yang lumpuh akan menunda proses ini selama 2 hingga 4 hari dalam beberapa kasus . Jika itu terjadi, tidak diragukan lagi akan menimbulkan kebingungan tambahan karena semua orang akan mencapai akun baru Anda di server kami kecuali Anda. Ini karena ISP Anda belum memperbarui catatan DNS mereka dan atau belum membersihkan cache DNS mereka yang berarti mereka akan masih mengarahkan nama domain Anda ke server lama Anda. Jika itu adalah domain baru yang telah Anda daftarkan, maka Anda akan menerima 'Situs Tidak Ditemukan Halaman' yang kosong. 


DNS Cache dan ISP Anda


Setiap kali Anda mengakses situs dari ISP Anda, mereka men-cache URL dan juga nomor IP yang terkait. Jika jaringan mereka diatur dengan benar, catatan cache DNS ini harus "Kedaluwarsa" setidaknya setiap 24 jam. Jika mereka tidak (yang sering kasing), Anda akan mengalami ini. Anda memasukkan URL http://www.domain.com Anda dan itu akan membawa Anda kembali ke akun server lama Anda.

Dalam sejumlah besar kasus, ini merupakan hasil dari ISP yang "Tidak" mengkonfigurasi server mereka untuk "Kedaluwarsa" catatan cache DNS pada interval yang sesuai. Sayangnya, ini menambah kebingungan tambahan untuk klien mereka dan terutama mereka yang mencoba untuk mengarahkan nama domain mereka ke server baru.

Proses propagasi DNS tidak terbatas pada ISP. Internet itu sendiri harus memperbarui / menghapus cache DNS-nya juga. Ketika kita mengatakan Internet, kami berarti "titik akses" perantara yang Anda peroleh sebelum mencapai tujuan akhir Anda. Untuk sebagian besar, titik akses perantara ini terdiri dari "Router Internet" dan "Mesin Caching Internet". Ini juga, mempertahankan cache DNS mereka sendiri yang membantu mereka dalam merutekan lalu lintas / menyelesaikan URL ke IP tujuan yang benar. Jangan khawatir karena router Internet biasanya lebih cepat membersihkannya Cache DNS dibandingkan ISP.


Apa yang Diharapkan selama periode propagasi 24 jam

Dalam kebanyakan kasus, proses propagasi akan memakan waktu setidaknya 48 jam untuk menyelesaikannya. Hal pertama yang terjadi adalah "World Root Name Server" akan memeriksa semua "Registrar Domain untuk pembaruan" yang beragam. Setelah server nama root melakukan ini pemrosesan, sisanya terserah kepada banyak penyedia ISP yang "harus" memperbarui catatan DNS mereka (setidaknya setiap 24 jam), tetapi beberapa dari mereka tidak.


Propagasi DNS sebenarnya terjadi hanya beberapa saat saja. Namun agar efeknya dapat terlihat di seluruh dunia dan beberapa ISP (layanan penyedia internet), maka dibutuhkan waktu beberapa jam - hingga 24 jam. Namun cara tercepat jika masih cache adalah melakukan restart modem atau router, atau restart komputer Anda.