Pada dasarnya proses migrasi pada platform cPanel hanya melibatkan 3 proses saja. Yaitu proses backup, restore, dan modifikasi DNS. Sangat disarankan ketika sedang memulai proses migrasi untuk tidak menggunakan perubahan besar pada website, karena berdampak inkonsistensi database website anda.


Backup


Yang pertama adalah melakukan proses backup, silakan login ke akun cPanel anda kemudian cari menu Backup Wizard.



Kemudian, pilih menu Backup.



Kemudian pilih Full Backup untuk melakukan kearsipan untuk konfigurasi file dan konfigurasi website anda.



Ketika ditanyakan konfirmasi full backup action setelah selesai dilakukan, anda bisa memilih 2 pilihan :

1. Ketika backup selesai, akan dikirimkan ke email address anda.

2. Ketika backup selesai, tidak melakukan aksi apapun.


Jika sudah menentukan pilihan, klik Generate Backup.



Jika sudah, kita hanya tinggal menunggu saja. Lamanya backup tergantung dari banyaknya data yang anda miliki pada account cPanel anda. Semakin banyak data yang anda miliki, maka waktu yang dibutuhkan untuk proses backup semakin lama juga. Pada umumnya untuk data di bawah 1 GB, diperlukan waktu 2-5 menit saja.


Jika backupan sudah tersedia untuk di download, maka akan terlihat pada menu Backup Wizard seperti di bawah ini. Anda hanya perlu klik saja untuk memulai download file backup tersebut.




Restore


Jika sudah terdownload, proses selanjutnya adalah melakukan restore. Proses restore ini dapat diakses pada menu yang sama pada cPanel anda yaitu Backup Wizard. Lalu pilih Restore. Proses restore biasanya dilakukan pada server akun cPanel tujuan yang akan di migrasikan.



Kemudian untuk tipe restore yang akan digunakan adalah Home Directory karena sebelumnya kita melakukan full backup untuk semua Home Directory.


Untuk langkah terakhir, cari file backupan anda dari hasil download sebelumnya dengan klik Browse. Kemudian mulai proses Upload untuk mulai proses restore.



Proses restore akan terlihat. Pada proses ini, anda hanya perlu melihat proses restore berlangsung dan ditunggu hingga selesai.


Langkah terakhir adalah melakukan modifikasi DNS. Anda bisa meminta bantuan pada tim support kami jika memang kurang familiar dengan konfigurasi DNS untuk website anda yang sudah di migrasikan.