Apa itu inode


Inode adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan semua informasi tentang file di akun hosting anda, termasuk email, file, folder dan semua yang anda unggah, buat, atau simpan di server.


Jumlah inode menunjukkan jumlah file dan folder yang Anda miliki. Misalnya, shared hosting dan reseller anda hanya mengizinkan 150.000 file per akun cPanel. Jumlah 150.000 ini adalah "Soft Limit", yaitu anda masih dapat mengunggah file setelah batas tersebut dicapai.


Sedangkan untuk akun hosting, limit yang ditetapkan saat ini adalah 250.000. Meskipun melebihi batas melanggar Persyaratan Layanan kami dan dapat mengakibatkan kemungkinan suspension, pemegang akun shared hosting tidak boleh terlalu khawatir karena sebagian besar penggunaan inode akun shared hosting masih jauh di bawah batas. 


Pada akun VPS limit yang ditetapkan adalah 1.000.000 inode. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengunggah file ke akun setelah ambang batas tercapai. Sedangkan untuk Dedicated server, tidak memiliki batasan inode. Penggunaan inode totalnya tergantung pada sistem file server.


Bagaimana cara mengurangi penggunaan Inode saya?


Untuk mengurangi inode counts, Anda hanya perlu menghapus file atau email yang tidak Anda butuhkan lagi. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mendownload email ke sistem lokal Anda.


Dimana saya bisa memeriksa penggunaan Inode saya?


Anda dapat memeriksa penggunaan inode Anda di cPanel Anda, berikut adalah langkah-langkahnya:

1) Login ke cPanel dengan URL sebagai http://domainname.com/cpanel

2) Lanjutkan ke Home (Home) -> Statistik (Statistic) dan -> Penggunaan File (File Usage)


3) Dari situ anda dapat melihat total penggunaan Inode server Anda.


Sebagai alternatif, Anda dapat menghubungi tim support kami untuk memeriksa penggunaan Inode Anda.


Terakhir, pelanggaran TOS Inode juga mencakup (tapi tidak terbatas pada) terus publish dan menghapus sejumlah besar file (misal 10.000+) tanpa pre-approval.