Biasanya private name server disebut juga dengan Child name server. Yang dimaksud dengan Private name server adalah membuat name server dengan nama domain anda sendiri.


Sebagai contoh :

ns1.domainku.net

ns4.domainku.net


Persyaratan yang harus anda penuhi agar bisa membuat private name server ini adalah anda setidaknya harus memiliki sebuah VPS dan memiliki software DNS server seperti BIND atau NAMED yang sudah terpasang dan terkonfigurasi untuk domain anda. Karena dengan menggunakan VPS, anda mendapatkan statik IP yang bisa digunakan untuk membuat private name server.


Pada dasarnya, private name server adalah menambahkan glue records pada domain. Yaitu mengasosiasikan hostname (domain) dengan IP address pada sebuah registry domain. Perubahan glue records ini biasanya efektif akan teraplikasikan dalam waktu 6-48 jam.


Login ke client area


Untuk membuat private name server, anda harus login ke halaman domain anda sendiri lewat client area. Kemudian menuju My Domains.



Kemudian Manage Domain.



Pada panel sebelah kiri, anda menuju Private Nameservers.



Registrasi Name Server


Sebagai contoh, anda akan meregistrasi private name server berikut :


ns1.domainku.net

ns4.domainku.net


Pada bagian Register a NameServer Name, anda tuliskan ns1 diikuti dengan IP address yang akan dipasangkan. IP address ini adalah IP address server anda. Jika sudah, klik Save Changes.


Lalu isi ns4 dengan langkah yang sama, karena sebelumnya anda menginginkan private name server ns4.


Kemudian, pastikan konfigurasi DNS server anda pada VPS sudah benar. Kira-kira secara garis besar, konfigurasinya seperti ini :


domainku.net.   IN   NS   ns1.domainku.net.

domainku.net.   IN   NS   ns4.domainku.net.

ns1.domainku.net.  IN  A  1.2.3.4

ns4.domainku.net.  IN  A  1.2.3.4


Jika sudah, silakan tunggu 6-48 jam agar DNS terpropagasi di internet.