Mentransfer akun Duo Mobile ke perangkat baru adalah proses yang penting untuk memastikan Anda tetap memiliki akses ke layanan yang dilindungi oleh Duo. Panduan ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan, baik Anda memiliki akses ke perangkat lama atau tidak.
Penting: Sebelum memulai, pastikan perangkat baru Anda memiliki akses internet (Wi-Fi atau data seluler) dan Anda telah mengunduh aplikasi Duo Mobile dari toko aplikasi (Google Play Store untuk Android atau Apple App Store untuk iOS).
Skenario 1: Anda Memiliki Akses ke Perangkat Lama (Paling Direkomendasikan)
Metode ini adalah yang paling mudah dan direkomendasikan jika perangkat lama Anda masih berfungsi dan memiliki aplikasi Duo Mobile yang aktif.
Langkah 1: Pada Perangkat Lama Anda
- Buka Aplikasi Duo Mobile:
Pilih Pengaturan (Settings):
- Cari ikon roda gigi (gear) atau titik tiga vertikal (ellipsis) yang biasanya menunjukkan menu 'Pengaturan' atau 'Settings'. Ketuk ikon tersebut.
- Cari ikon roda gigi (gear) atau titik tiga vertikal (ellipsis) yang biasanya menunjukkan menu 'Pengaturan' atau 'Settings'. Ketuk ikon tersebut.
- Pilih "Connect a new phone " (Hubungkan ke HP baru):
- Di menu pengaturan, cari opsi yang bertuliskan "Connect a new phone" . Ketuk opsi ini.
- Di menu pengaturan, cari opsi yang bertuliskan "Connect a new phone" . Ketuk opsi ini.
- Konfirmasi dan Lihat Kode QR:
- Anda mungkin diminta untuk mengonfirmasi pilihan Anda atau melakukan verifikasi keamanan (misalnya, sidik jari atau PIN). Setelah dikonfirmasi, sebuah Kode QR akan ditampilkan di layar perangkat lama Anda. Jangan tutup layar ini sampai Anda selesai dengan perangkat baru.
- Anda mungkin diminta untuk mengonfirmasi pilihan Anda atau melakukan verifikasi keamanan (misalnya, sidik jari atau PIN). Setelah dikonfirmasi, sebuah Kode QR akan ditampilkan di layar perangkat lama Anda. Jangan tutup layar ini sampai Anda selesai dengan perangkat baru.
Langkah 2: Pada Perangkat Baru Anda
- Buka Aplikasi Duo Mobile:
- Instal dan buka aplikasi Duo Mobile di perangkat baru Anda.
- Instal dan buka aplikasi Duo Mobile di perangkat baru Anda.
- Pilih "Add Account" (Tambah Akun) atau "Scan QR Code" (Pindai Kode QR):
- Di layar selamat datang, atau jika sudah ada akun lain, cari tombol untuk menambahkan akun baru atau memindai Kode QR.
- Di layar selamat datang, atau jika sudah ada akun lain, cari tombol untuk menambahkan akun baru atau memindai Kode QR.
- Pindai Kode QR dari Perangkat Lama:
- Aplikasi di perangkat baru akan mengaktifkan kamera Anda. Arahkan kamera ke Kode QR yang ditampilkan di layar perangkat lama Anda. Pastikan Kode QR berada dalam bingkai.
- Verifikasi Akun (Jika Diperlukan):
- Setelah Kode QR berhasil dipindai, akun Anda akan secara otomatis ditambahkan ke perangkat baru. Anda mungkin diminta untuk memverifikasi detail akun.
- Selesai!
- Akun Duo Mobile Anda sekarang aktif di perangkat baru. Anda dapat menguji dengan masuk ke salah satu layanan yang dilindungi Duo. Anda dapat menghapus aplikasi dari perangkat lama jika sudah tidak digunakan.