Mungkin banyak yang belum mengetahui apa saja status Domain kita di mesin cek domain WHOIS. Berikut adalah contoh domain kami di WHOIS :

 


Domain Name:Exabytes.co.id Created On:2017-02-21 03:56:00.0 Last Updated On:2019-09-19 03:44:26.0 Expiration Date:2021-02-21 23:59:59 Status:clientTransferProhibited Status:serverTransferProhibited Status:renewPeriod


Sudah lihat contoh domain diatas, itu adalah salah satu contoh domain di WHOIS yang menggunakan ekstensi ID. Lalu apa saja penjelasan status diatas? Berikut adalah penjelasannya :

STATUS PADA WHOIS
DEFINISI
ADDPERIODPenambahan 5 hari masa tenggang setelah pendaftaran awal dari sebuah domain. Domain akan dihapus oleh registrar selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya pendaftaran.
RENEWPERIODSetelah 5 hari masa tenggang pendaftaran domain secara eksplisit diperpanjang oleh registrar. Domain akan dihapus oleh registrar selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya perpanjangan.
AUTORENEWPERIODSetelah 45 hari periode masa pendaftaran domain berakhir dan diperpanjang (diperbaharui) secara otomatis oleh registri. Domain akan dihapus oleh registrar selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya perpanjangan.
TRANSFERPERIODSetelah 5 hari periode transfer domain registrasi nama domain dari satu registrar sponsor ke registrar lain. Domain akan dihapus oleh registrar oleh yang mensponsori baru selama periode ini, registri harus memberikan kredit kepada registrar untuk biaya transfer.
PENDING DELETE RESTORABLEPeriode 30 hari setelah pendaftar telah mengajukan perintah hapus untuk menghapus domain dari registri. Layanan Internet semua yang berhubungan dengan domain akan dinonaktifkan. Selama periode ini, registrar dapat mengajukan permintaan untuk mengembalikan domain.
PENDING DELETE SCHEDULED FOR RELEASEPeriode 5 hari setelah masa PENDING DELETE RESTORABLE. Selama periode ini, layanan internet semua yang berhubungan dengan domain akan tetap dinonaktifkan dan domain tidak dapat dipulihkan.
PENDING RESTORERegistrar telah mengajukan permintaan Pemulihan untuk domain yang sebelumnya dalam status PENDING DELETE RESTORABLE dan registri menunggu Laporan Pemulihan dari petugas.
OKIni adalah status normal untuk domain yang tidak memiliki operasi tertunda atau larangan.
INACTIVEDomain tidak memiliki nama server yang terkait. Minimal 2 nameserver harus dikaitkan dengan domain sebelum dapat dipublikasikan.
CLIENT TRANSFER PROHIBITEDRegistrar tidak mengizinkan untuk transfer domain.
CLIENT RENEW PROHIBITEDRegistrar tidak mengizinkan untuk memperpanjang domain.
CLIENT DELETE PROHIBITEDRegistrar tidak mengizinkan untuk menghapus domain.
CLIENT UPDATE PROHIBITEDRegistrar tidak mengizinkan untuk memperbarui domain.
CLIENT HOLDRegistrar tidak mengizinkan domain untuk dipublikasikan.
TRANSFER PROHIBITEDRegistri tidak mengizinkan untuk transfer domain.
RENEW PROHIBITEDRegistri tidak mengizinkan untuk memperpanjang domain.
DELETE PROHIBITEDRegistri tidak mengizinkan untuk menghapus domain.
UPDATE PROHIBITEDRegistri tidak mengizinkan untuk memperbarui domain.
HOLDRegistri tidak mengizinkan domain untuk dipublikasikan