Dalam hirarki Domain Name Server (DNS), subdomain adalah domain yang merupakan bagian dari nama domain yang lebih besar. Sebuah hirarki DNS terdiri dari domain tingkat “root” di paling atas, yang dibawahnya merupakan Top-Level-Domain (TLD), diikuti dengan domain tingkat kedua Second-Level-Domain dan akhirnya Subdomain.


Subdomain yang valid menurut RFC 1034 dapat mengandung huruf dan angka apa saja termaksud menggunakan tanda sambung “-”, namun harus berawal dari huruf alfabet. Untuk huruf besar dan kecil berpengaruh.


Panjang Subdomain

Panjang label subdomain dibatasi untuk 63 karakter, tetapi jumlah label subdomain di nama domain dapat berubah sewaktu-waktu.


Struktur

Subdomain dipisahkan oleh titik "." dan dibaca dari kiri ke kanan. Setiap subdomain berisi semua subdomain sebelumnya, dan yang terkandung oleh subdomain berikutnya. Semua subdomain yang terkandung oleh Second-Level-Domain, dan diikuti oleh Top-Level-Domain.


Contoh yang biasa digunakan pada sehari-hari adalah news.google.com, mail.yahoo.com, support.exabytes.com dan en.wikipedia.org, biasanya dalam situs berita dan email, subdomain selalu digunakan.