Sebuah nama domain menempatkan sebuah organisasi atau badan lainnya di Internet.


Misalnya, nama domain:

www.exabytes.com


Menempatkan alamat Internet untuk "Exabytes.com" pada IP Address 199.0.0.2 dan server host tertentu bernama "www". Kata "com" adalah bagian dari nama domain yang mencerminkan tujuan organisasi atau badan (dalam contoh ini, "komersial") dan disebut Top-Level-Domain (TLD). Kata "exabytes" merupakan bagian dari nama domain yang mendefinisikan organisasi atau badan dan disebut sebagai Second-Level-Domain. Untuk Second Level Domain biasa disebut sebagai versi yang bisa dibaca oleh Alamat Internet.

 

Untuk level ketiga dapat didefinisikan untuk mengidentifikasi server host tertentu di Internet. Contoh "www" adalah nama dari server yang menangani Internet request. (Sebuah server kedua disebut "www2".) 

Tingkat Sub Level Domain dapat digunakan. Misalnya, Anda bisa memiliki "www.server.exabytes.com".


Jadi, "www.exabytes.com" merupakan nama domain yang sepenuhnya memiliki kualifikasi.

 

Nama Second-Domain harus unik di Internet dan terdaftar dengan salah satu Registrar yang terakreditasi ICANN untuk COM, NET, dan ORG top-level domain. 

 

Di Internet, nama domain adalah bagian dari Uniform Resource Locater (URL) yang menjelaskan nama server domain menggunakan Domain Name Server (DNS). Nama domain untuk menempatkan IP Address (merepresentasikan fisik di Internet)

 

Lebih dari satu nama domain dapat ditempatkan pada Alamat Internet yang sama. Ini agar memudahkan beberapa individu, pebisnis dan organisasi lainnya untuk memisahkan indentitas internet namun tetap berbagi pada server yang sama.