Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Domain Email Sendiri

kita akan membahas tentang langkah-langkah dalam membuat nama domain email menggunakan nama bisnis kamu. Pada dasarnya, untuk melakukan ini kamu hanya perlu mengikuti 7 langkah mudah. 

1. Menyiapkan akun Gmail yang aktif

Langkah pertama saat kamu ingin membuat domain email sendiri adalah pastikan kamu memiliki akun Gmail yang aktif. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan emailmu dengan email layanan hosting yang kamu pilih nantinya.

2. Masuk ke cPanel

Setelah memiliki hosting dan domain yang aktif, kamu bisa langsung melakukan login ke cPanel denan cara mengetikkan “domainkamu.com/cPanel” pada kolom pencarian browser kamu. 

3. Buatlah akun email di cPanel

Nah, setelah kamu berhasil masuk ke cPanel, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat akun email. Kamu hanya perlu untuk masuk ke menu Email Account pada kolom Email.

Kemudian masukkan nama email dan password yang akan kamu gunakan untuk membuat email baru dengan menggunakan domain website.

Klik Create dan kamu berhasil membuat email dengan nama domain sendiri. Selanjutnya, yang kamu harus lakukan hanyalah menghubungkannya dengan akun Gmail yang kamu miliki.

4. Mengecek detail POP3 dan SMTP

Untuk menghubungkan emailmu di cPanel dengan akun Gmail, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek detail POP3 dan SMTP pada halaman Email Accounts.

Kemudian klik tombol Connect Devices dan cPanel akan menampilkan dua pilihan pengaturan, yaitu Secure SSL/TLS Setting dan Non-SSL Settings. Kamu bisa menggunakan Secure SSL/TLS Settings. Kalau gagal, kamu bisa menggunakan yang Non-SSL Settings. 

5. Mengatur penerimaan email di Gmail

Setelah kamu berhasil mendapatkan detail POP3 dan SMTP, kamu bisa memanfaatkan informasi ini untuk menyambungkan akun email di cPanel dengan Gmail.

Setiap email yang masuk di akun email cPanel nantinya juga akan muncul di akun email Gmail dengan cara mengubah pengaturan akun Gmail.

6. Melakukan konfigurasi Gmail untuk pengiriman email

Untuk melakukan konfigurasi pengiriman email langsung dari Gmail, kamu memerlukan SMTP. Pastikan layanan hosting yang kamu gunakan memberikan kamu akses untuk menggunakan SMTP. Pasalnya, tanpa SMPT, kamu tidak bisa mengirimkan email melalui Gmail.

7. Mengecek keberhasilan konfigurasi email dengan domain sendiri

Nah, setelah seluruh proses di atas selesai, kamu bisa mengecek keberhasilan konfigurasi email. Caranya adalah dengan mengirimkan email pada alamat email yang sudah menggunakan domain email baru tadi.

Bagaimana? Kamu sudah bisa membuat email dengan domain sendiri dengan mudah bukan? Dengan memiliki domain email sendiri, kamu bisa memanfaatkan banyak fitur yang tidak bisa kamu dapatkan saat menggunakan email gratisan.

Selain itu, penggunakan domain email juga akan bermanfaat pada branding bisnis yang kamu kelola. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan pelangganmu dan akan terlihat profesional. Selamat mencoba!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.