Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mencegah Email Masuk Folder Spam

Sebagai pebisnis yang menggunakan email sebagai media untuk pemasaran dan promosi, kamu tentu tidak ingin jika email yang dikirimkan masuk ke kotak spam, bukan? Untuk mencegah email masuk ke dalam folder spam, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti:

Perhatikan Konten Email yang Dibuat

Konten menjadi salah satu indikator email tidak masuk ke folder spam. Jadi, pastikan untuk selalu membuat konten yang benar dan tidak mengandung kata-kata yang dinilai sebagai spam seperti gratis dan lainnya.

Konten juga harus dibuat dengan ejaan yang baik dan benar tanpa ejaan alay seperti huruf a diganti dengan angka 4 dan lainnya. Hindari kata-kata yang berbau pornografi dan jangan lupa untuk menyesuaikan judul dengan subject email.

Dapatkan Izin Penerima Sebelum Mengirim Email

Untuk menghindari spam email, kamu harus memastikan bahwa email yang dikirimkan sudah mendapatkan izin dari calon penerima email. 

Gunakan form yang menawarkan pembaca untuk berlangganan email sehingga mereka tidak keberatan untuk menerima email. 

Menggunakan Email Spam Checker

Kamu bisa mengecek setiap email yang hendak dikirimkan menggunakan email spam checker. Alat tersebut akan menilai berapa besar kemungkinan pesan kamu akan masuk kotak spam. Penilaiannya akan ditampilkan dalam bentuk skor. 

Semakin rendah skornya maka semakin besar kemungkinan email yang kamu kirim akan masuk ke kotak spam dan sebaliknya.

Coba Lacak Email

Apabila kamu menggunakan email domain yang diletakkan di hosting, kamu bisa melacak email melalui menu track delivery. Pastikan terlebih dahulu kamu sudah login ke cPanel dan kemudian cari menu track delivery

Selanjutnya, kamu bisa cek pada kolom result untuk mengetahui apakah email gagal masuk atau terdapat indikasi spam.

Cara Mengatasi Email Spam

Email spam tidak hanya mengganggu tetapi juga bisa membahayakan perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat menggunakan email terlebih jika email spam masuk tanpa kamu sadari.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi email spam, seperti:

Periksa Kebijakan Privasi

Anda harus memastikan untuk membaca kebijakan privasi pada setiap situs website yang meminta akses pengiriman email.

Pastikan alamat email Anda tidak akan disalahgunakan atau dijual kepada pihak ketiga

Berhati-hati saat Mempublikasikan Alamat Email

Alamat email menjadi salah satu elemen penting saat kamu membagikan informasi pribadi ataupun bisnis. Hal ini bisa mengundang spammer karena alamat email kamu menjadi sangat mudah ditemukan.

Hal tersebut tidak akan begitu mengkhawatirkan bagi mereka yang memiliki sistem pertahanan spam yang baik. Namun, pemilik email yang kotak emailnya rentan terserang spam tentu harus lebih waspada.

Tandai Email Tidak Dikenal sebagai Spam

Apabila menemukan email misterius yang pengirimnya tidak kamu kenal, segera tandai email tersebut sebagai spam. Email spam akan terdeteksi sebagai pesan tidak diundang. 

Apabila spammer kembali mengirimkan email, kotak email kamu akan mendeteksi pesan tersebut sebagai email spam.

Untuk menandai pesan sebagai spam, kamu tidak perlu membuka pesan tersebut. Caranya adalah dengan menandai atau ceklis email tersebut dan kemudian klik tombol laporkan spam.

Saring Pesan Masuk Melalui cPanel

Sudah hafal alamat email mana saja yang sering mengirimkan email spam? Jika demikian, kamu bisa lebih mudah mengatasinya yaitu dengan cara memblokir alamat email melalui cPanel.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengikuti tiga langkah yaitu masuk ke dashboard cPanel, klik tombol Apache Spamassassin, dan kemudian masukkan alamat email yang ingin kamu blokir. Selanjutnya, jangan lupa untuk klik Save

Gunakan Email Hosting dengan Fitur Anti Spam

Email hosting memungkinkan kamu menggunakan alamat email yang profesional. Kamu bisa menggunakan domain untuk email seperti domain yang kamu gunakan untuk website

Kamu juga bisa menikmati fitur keamanan yang bisa memberikan sistem pertahanan yang lebih aman pada kotak email.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.