Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Setting Zoho Mail

Apa itu Zoho?


Zoho adalah suatu aplikasi online yang membantu untuk memecahkan segala masalah bisnis/ perusahaan. Zoho menyediakan berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan teknologi informasi serta aplikasi pengembangan manajemen bisnis. Dikutip dari Wikipedia, Zoho didirikan oleh Sridhar Vembu dan Tony Thomas di Pleasanton, California pada tahun 1996. Zoho memiliki beberapa varian produk yang dikelompokkan dalam berbagai divisi seperti:


1. Sales Marketing

Adapun produk dari Sales Marketing seperti aplikasi CRM, Form, Social, SalesIQ, SalesInbox, Campaigns, Motivator, PageSense, Sites, ContactManager dan sebagainya.

2. Finance (Keuangan)

Adapun produk dari Keuangan misalnya aplikasi pengatur keuangan, inventarisasi, pengelolaan invoice, penghitungan expense, checkout dan sebagainya.

3. Email & Collaboration

Dalam pengelolaan email, Zoho memiliki fasilitas penyimpanan email di cloud dan memungkinkan adanya kolaborasi email dengan berbagai user. Kamu bisa membuat email dengan nama domain sendiri, membuka lampiran email langsung via Zoho, melakukan chat atau rapat online dengan karyawan dan sebagainya.

4. IT & Help Desk

Di Zoho kamu juga bisa menikmati fasilitas servicedesk plus, site24x7, assist serta mobile device management.

5. Human Resources

Untuk mempermudah urusan penerimaan pegawai, Zoho juga menyediakan aplikasi human resources lengkap dengan analisa dan integrasi otomatis.

6. Custom Solutions

Untuk kebutuhan lebih, Zoho menyediakan aplikasi custom yang dapat diintegrasikan dengan berbagai platform seperti Slack, Trello, Gmail, Asana, Creator, Zoho Desk maupun Zoho CRM.

Nah pada panduan ini akan dijelaskan mengenai cara setting email Zoho saja ya! Untuk lebih jelas mengenai Zoho dan fasilitasnya, kamu bisa cek di https://www.zoho.com/

 

Berikut cara setting custom domain di Zoho / Zoho Mail.

Akun Zoho Mail

Masukkan nama domain Anda disini

Cara membuat email bisnis gratis

Isi form ini beserta nama alamat email yang akan Anda buat untuk membuat alamat email. Jika sudah tekan tombol Proceed.

Cara membuat email domain tanpa hosting

Jika informasi sudah benar, langsung saja tekan tombol Sign Up.

3 langkah membuat email bisnis gratis

Setelah itu masukkan nomor verifikasi yang masuk ke no telefon Anda. Jika sudah tekan Verify My Mobile.

Cara membuat email nama domain sendiri

Setting TXT Record

Setelah berhasil maka Anda akan masuk ke bagian Domain Setup. Disini Anda pilih Others pada domain’s DNS Manager (DNS Hosting provider).

Buat email untuk bisnis gratis

Pastikan Anda sedang berada di bagian TXT Method seperti dibawah ini.

Cara setting email domain

Jika sudah silahkan buka tab baru dan masuk ke DNS Manager domain Anda. Anda perlu login ke clientarea di tempat Anda membeli domain tersebut. Pada artikel ini Kami membeli domain di Exabytes, jadi Kami akan masuk ke bagian DNS Manager di Member area.

Login terlebih dahulu.

Manage dns

Pilih Domain – Manage DNS dan edit zone pada domain yang Anda daftarkan tadi di Zoho Mail.

Edit txt record

Pada bagian TXT record, ubah RDATA atau Value nya sesuai dengan yang tadi di Zoho Mail. 

Buat email domain pribadi

Jika sudah tekan tombol save changes. Setelah itu kembali ke halaman Zoho Mail, lalu tekan tombol Verify by TXT. 

Cara membuat email bisnis mudah

Jika berhasil maka Anda diarahkan untuk membuat email accounts nya. Anda hanya perlu ikuti dan next saja sampai masuk bagiann Configure Email Delivery.

Setting MX Record

Jika sudah sampai pada bagian Configure Email Delivery. Masukkan MX Record Zoho tersebut ke MX Record Anda. Jika sebelumnya sudah ada 3 MX Record, hapus terlebih dahulu lalu buat 3 yang baru.

Buat email bisnis gratis sendiri

Kembali ke Manage DNS tadi dan buat MX record sesuai dengan yang tadi ditampilkan di Zoho Mail. Contohnya seperti dibawah ini. Ubah semua dengan MX record dari Zoho. Jangan lupa tekan tombol save changes.

Buat e-mail bisnis gratis

Kembali ke tab Zoho Mail, tekan tombol MX Lookup untuk mengetahui apakah pergantian MX record sudah berhasil. Jika sudah berhasil akan muncul tampilan seperti ini.

Gambar

Cara buat email sendiri

Jika sudah berhasil tekan tombol next. Tekan skip sampai bagian akhir lalu pilih Go to Zoho Workplace.

Testing Email

Jika setting sudah berhasil, saatnya untuk testing kirim beberapa pesan apakah berfungsi dengan baik. Masuk ke Zoho Mail

Gambar

Buat email nama domain sendiri

Lalu buat pesan baru dan kirimkan ke email pribadi Anda. 

Kirim email dari email bisnis

Cek kotak masuk Anda apakah menerima pesan masuk dari email domain tersebut. Jika sudah masuk maka email bisnis Anda berhasil dibuat.

Email bisnis gratis berhasil dibuat

Kesimpulan

Nah itulah panduan membuat email domain atau email bisnis gratis. Namun Kami menyarankan sebaiknya Anda menggunakan hosting untuk email domain atau email bisnis Anda. Mengapa?

Jika menggunakan email hosting Anda memiliki kontrol penuh atas data Anda sendiri, pengaturan akun yang lebih fleksibel, kapasitas penyimpanan lebih besar, dapat memindahkan data email Anda sendiri, privasi tingkat tinggi dan yang terpenting data perusahaan akan jauh lebih aman dengan email yang di hosting sendiri.

Mau punya email bisnis dengan keamanan yang terjamin? Anda bisa menggunakan Hosting cPanel Exabytes gratis domain dan SSL atau juga bisa menggunakan layanan khusus Email Bisnis kami.

Terima kasih sudah mengikuti Kami sampai akhir, semoga artikel ini bermanfaat.



Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.