Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Melihat Resource Usage di cPanel

Hal pertama yang harus kita analisa ketika merasakan website lambat atau bahkan gagal load adalah penggunaan resource. Apakah penggunaan CPU atau Memory telah limit atau proses apa yang sedang berjalan dan menyebabkan website kita menjadi lambat. Dengan melihat resource usage pada hosting, kita bisa tahu cara optimasi yang tepat pada website.

Pahami Resource yang Tersedia di Hosting

Supaya website kita tidak sering down karena penggunaan resource yang berlebih, Kita harus perhatikan limit memory yang tersedia di hosting.
Di hosting sendiri, ada 7 macam resource nih yang tersedia, berikut penjelasan :
  1. PHP limit memory merupakan memori yang digunakan untuk memproses setiap program web berbasis PHP. Nah, jumlah yang tersedia untuk memori ini akan berbeda-beda ya di setiap paket hosting.

  2. Memory RAM adalah resource yang menyimpan memori yang akan diproses oleh CPU. Misalnya seperti script milik user yang sedang diproses akan disimpan di sini lebih dulu nih sampai prosesnya selesai.

  3. I/O (Input Output) Maximum merupakan besarnya proses input dan output yang terjadi pada server dalam hitungan detik.

  4. CPU berfungsi untuk memproses script yang dijalankan oleh masing-masing user dalam server.

  5. Entry Process merupakan jumlah proses script user yang bisa berjalan dalam satu waktu.

  6. File Counts Soft merupakan jumlah file yang tersimpan di dalam akun hosting kita. Kalau sudah mencapai jumlah maksimal, hosting tidak akan di-backup.

  7. File Counts Hard adalah jumlah file yang tersimpan di dalam akun hosting kita. Kalau jumlahnya sudah maksimal, kita harus upgrade ke hosting dengan kapasitas File Counts lebih besar. 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kita harus memperhatikan apakah resource yang kita punya ini cukup untuk plugin, script dan program yang kita jalankan.

Cara masuk ke Resource Usage

Sedangkan bagi Anda pengguna layanan Shared hosting, pengecekan resource usage bisa dilakukan melalui cPanel. Berikut adalah langkah-langkah melihat resource usage di cPanel :
  1. Masuk ke cPanel hosting

  2. Klik menu "Resource Usage"

  1. Akan terlihat 3 menu “Dashboard, Current Usage dan Snapshot”

Dashboard

Pada menu ini Anda bisa melihat penggunaan resource dalam 24 jam kebelakang. Apakah ada resource berupa CPU atau Memory atau Number Of Proces yang limit atau dalam batas wajar. Pada gambar diatas, Informasi yang bisa kita dapat adalah CPU resource pada hosting kita telah limit.
Untuk melihat jam berapa terjadi limit dan proses apa yang menyebabkan limit, Anda bisa klik tombol Details.

Current Usage

Menu ini akan menampilkan informasi “Grafik dan data Table” penggunaan resource hosting. Data awal menu current usage akan menampilkan resource terpakai dalam 24 jam. Dibawah menu current usage, tertera kolom Timeframe. Di kolom ini, Anda bisa melihat resource usage sesuai waktu yang Anda inginkan. Caranya, tinggal klik opsi Timeframe lalu pilih waktu yang ingin anda cek.

Snapshot

Menu ini akan menampilkan prosentase resource usage tertinggi pada website kita. Menu Snapshot terbagi atas 3 submenu yaitu process list, database queries dan http queries. Process list menginformasikan proses yang sedang berjalan di website kita, bisa berubah php atau mysql proses.
Database queries menginformasikan proses query pada database yang sedang berjalan. Sedangkan HTTP Queries berisi informasi request proses http yang sedang terjadi.
Dari ketiga menu ini kita bisa tahu, apa penyebab hosting kita menjadi limit atau load. Dengan melakukan analisa limit tersebut, kita bisa melakukan optimasi sesuai dengan kendala yang dialami.
Demikian informasi singkat kami tentang cara melihat resource usage di hosting cPanel Exabytes.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.