Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install Python di cPanel Hosting

Apa itu Python?

Python sendiri merupakan bahasa Pemrograman yang sangat populer. Bahasa pemrograman lain dikenal sulit dan juga susah untuk dipahami, namun beda dengan Python. Python dikenal sebagai bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami, sehingga Python sangat populer dan dapat dipelajari oleh banyak orang, mulai dari kaum awam ataupun yang sudah expert dan menguasai bahasa pemrograman. Python ini juga salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai oleh developer, ilmuwan data, dan bahkan hacker karena fleksibilitas yang Python tawarkan. Google, YouTube, Dropbox adalah contohnya.

Hal ini menjadikan Python relatif lebih mudah untuk dipelajari, maka ia banyak sekali digunakan dan jauh populer bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sintaksnya sangat sederhana, readable juga karena Python fokus pada aspek readability (mudah dibaca). Kode Python selain mudah dibaca, ia juga mudah ditulis.

Python membaca baris demi baris dan jika ada kesalahan, ia berhenti mendahului lebih lanjut dan memberikan pesan kesalahan kepada pengguna sehingga akan memudahkan kita semua untuk melihat adanya kesalahan dan memperbaikinya dengan segera. Python ini adalah bahasa yang multifungsi banget dan dengan Python kita bisa melakukan banyak hal dan banyak juga fungsinya, seperti contohnya kita bisa membuat website, membuat robotika, dan juga data mining. Nah, Python ini bisa banget untuk kamu yang ingin membuat aplikasi di gadget kamu loh!

Sebagai contoh kemudahan yang Python tawarkan, bisa dilihat dari kode print di bawah ini. Hanya dengan menuliskan kode seperti dibawah ini, kamu udah bisa mencetak apapun di dalam tanda kurung ().

print(“Python mudah digunakan”)

Cara Install Python di cPanel

Setelah layanan hosting Anda aktif, silahkan mengikuti panduan berikut untuk melakukan install Python di cPanel.

Step 1. Setup Python

  1. Langkah pertama, silahkan login ke cPanel hosting kemudian akses menu setup python app.
  1. Langkah selanjutnya klik create application untuk mulai melakukan deploy python.
  1. Kemudian akan muncul field konfigurasi yang berkaitan dengan aplikasi yang akan dibuat.

Anda bisa mengisikan filed tersebut dengan :

  • Python Version : versi python yang akan digunakan
  • Application Root : nama folder untuk meletakkan file aplikasi python yang akan digunakan
  • Application URL : url untuk mengakses aplikasi yang dibuat. Apabila ingin diakses dengan domain maka filed bisa dikosongkan.

Untuk field lain bisa Anda kosongkan. Kemudian klik create. Setelah create sukses nantinya dibagian atas akan muncul perintah untuk masuk ke environtment python yang sudah dibuat.

  1. Selanjutnya Anda bisa mencoba mengakses url python yang dibuat untuk memastikan python sudah terinstall. Apabila sudah terinstall akan menampilkan sesuai screenshot berikut:

Install python di cPanel sudah selesai.

Selanjutnya, Anda tinggal mengupload file aplikasi atau website Python Anda.


Demikian cara install Python di cPanel hosting, semoga bermanfaat.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.