Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Upload File Django ke Hosting

Di bawah ini adalah cara upload file Django ke hosting :

1. Login cPanel Hosting

Login ke cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel

2. Memilih Menu Setup Python App

Kemudian, kamu bisa ketik Setup Python App pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu Setup Python App. Silahkan klik menu tersebut.


Setelah itu, klik Create Application.


Ada 3 kolom yang perlu anda isi pada setup python app ini. Pertama adalah memilih Python version sesuai dengan versi Python website anda. Kedua, silakan tulis nama folder yang digunakan untuk tempat upload file website pada bagian Application root. Ketiga yaitu pilih domain/ subdomain yang diinginkan pada bagian Application URL . Kemudian klik Create.

3. Upload File Django ke Hosting

Selanjutnya adalah melakukan upload file Django ke hosting. Kamu bisa upload file Django ke directory file yang telah ditentukan saat mengisi Application root melalui menu File Manager di cPanel. Pada panduan kali ini, misalnya file djangoo.

4. Mengakses SSH ke Server

Setelah berhasil upload file, langkah selanjutnya yaitu masuk SSH. Mengakses SSH ke VPS dapat melalui Putty atau Terminal.

5. Menginstall Django dan Dependency

Setelah berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Django dan dependency. Anda bisa tulis perintah dibawah ini pada Terminal Linux atau command prompt via Putty.

Khusus untuk perintah $ source anda bisa dapatkan dengan cara copy paste Command for entering to virtual environment seperti pada gambar di bawah ini melalui Setup Python App.

6. Melakukan Konfigurasi File Passenger

Ketiga perintah telah dijalankan, sekarang waktunya melakukan konfigurasi File Passanger melalui menu File Manager di cPanel. File Passenger_wsgi.pay dapat anda temukan dan buka di directory file yang diisikan pada Application Root. Nama folder pada panduan kali ini adalah django. Ubah script pada Passenger_wsgi.pay seperti perintah di bawah ini dan sesuaikan nama file aplikasi Django anda di bagian perintah from namafileaplikasi.wsgi import application.

7. Melakukan Konfigurasi File Setting

Konfigurasi selanjutnya yaitu dilakukan pada file setting.py. File ini dapat ditemukan dan buka di folder aplikasi file Django kamu. Lakukan beberapa konfigurasi, antara lain:


    • Ubah perintah DEBUG di bawah ini.
      menjadi di bawah ini.

    • Ubah perintah ALLOWED_HOSTS di bawah ini.
      menjadi seperti ini.

8. Melakukan Konfigurasi Database

Setelah konfigurasi pada file setting. Sekarang anda dapat melakukan konfigurasi database. Konfigurasi ini bertujuan agar database pada file django di localhost dapat dibaca di hosting. Pastikan anda telah membuat database di hosting terlebih dahulu. Jika anda sudah punya, anda bisa melakukan import database localhost ke phpMyAdmin cPanel. Setelah import database selesai, yang harus dilakukan adalah mengganti nama, username, dan pasword database yang kamu buat di cPanel pada file Setting.py seperti di bawah ini :

9. Menjalankan File Django

Semua konfigurasi telah selesai dilakukan. Sekarang kamu bisa menjalankan file django dengan perintah di bawah ini pada Terminal Linux atau command prompt via Putty tadi.

10. Restart Setup Python App

Sekarang kamu bisa klik tombol Restart pada Setup Python App. Dan lakukan pengecekkan dengan cara mengakses url domain atau subdomain anda yang telah anda pilih tadi. Jika url tersebut menampilkan file Django anda, itu artinya anda telah berhasil upload file Django ke hosting.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.