Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Google Sitelink di Website

Apa Itu Google Sitelink

Google Sitelink adalah daftar link pada halaman hasil pencarian yang mengarah pada sub halaman dalam suatu website ketika pengguna memasukkan kueri atau kata kunci tertentu. Posisi sitelink berada di bawah link utama dari website. Sitelink berfungsi sebagai navigasi yang membantu pengguna mengeksplor situs tersebut lebih jauh.

Pada dasarnya, webmaster atau pemilik website tidak dapat menambahkan tautan apapun pada Google Sitelink, penambahan tautan tersebut murni dilakukan oleh Google melalui algoritma tertentu. Namun meskipun demikian, ada beberapa tips tertentu yang bisa membuat Google menambahkan sitelink di bawah situs Anda.

Tips Membuat Google Sitelink di Website

Umumnya sitelink disematkan pada sebuah website melalui pencarian dengan kata kunci brand (merek) atau nama website tersebut. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara atau tips membuat Google Sitelink muncul di website.

Sub Halaman yang disematkan oleh Google di bawah link ke halaman utama umumnya adalah halaman yang paling banyak dikunjungi pengguna. Namun hal tersebut tidak baku, kadangkala Google memilih halaman acak untuk ditampilkan ke jajaran sitelink.

Jika Anda ingin website Anda juga mendapatkan sitelink dari Google, berikut beberapa tips membuat Google Sitelink yang bisa Anda coba.


1. Perbaiki Struktur Navigasi Website

Hal dasar yang dapat dilakukan seorang webmaster agar mendapatkan sitelink dari Google adalah memperbaiki struktur navigasi dari website mereka.

Pertama, Anda bisa membuat menu navigasi dengan rapi yang menuju pada halaman-halaman penting di dalam website Anda. Tautan pada menu navigasi dapat tampil pada semua halaman di website Anda, jadi ketika robot perayap (crawler) Google mengunjungi situs Anda, ia juga akan mengindeks halaman yang tertaut.

Selain menambahkan menu navigasi, Anda juga bisa memperbaiki struktur permalink dari website. Struktur permalink yang baik adalah yang sederhana dan jelas.

 

2. Tingkatkan Brand Awareness

Munculnya Google Sitelink juga dapat dipicu dari seberapa banyak pencarian akan brand (merek) atau nama situs Anda. Brand awareness atau kesadaran merek akan mendorong pengguna untuk meminta pencarian atas kueri merek Anda dan membuat Google semakin sering merayapi situs Anda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kesadaran pengguna akan merek Anda. Anda bisa mengenalkan merek Anda dengan kampanye digital marketing, menimbang Google Sitelink adalah salah satu aspek dalam dunia digital.

3. Buat Sitemap XML

Bantu Google untuk dapat merayapi dan mengenai website Anda dengan lebih baik menggunakan sebuah peta situs (sitemap) berbasis XML. Anda bisa membuat sitemap XML dengan berbagai plugin seperti Google XML Sitemap, Yoast SEO, RankMath dan sebagainya.

Setelah website Anda memiliki sebuah sitemap, Anda bisa submit atau mengirimkan peta situs tersebut kepada Google melalui layanan Google untuk para webmaster yaitu Google Search Console. Sitemap tadi akan membantu Google untuk dapat mengetahui secara detail isi dari website sehingga Google bisa membuatkan sitelink untuk website Anda.

4. Optimalkan Internal Linking

Meskipun Google Sitelink merupakan hak prerogatif dari Google atas sebuah website, Anda bisa mendorong Google membuat sitelink untuk website Anda dengan mengoptimalkan internal linking.

Upayakan untuk menautkan halaman-halaman di dalam website Anda satu dengan lainnya. Berikanlah tautan internal yang lebih banyak pada halaman yang Anda inginkan untuk mendapatkan sitelink. Tautan internal dengan atribut atau rel “dofollow” akan dirayapi oleh crawler Google sehingga authority nya bisa meningkat.

Di samping itu, jangan lupa memberikan anchor text yang tepat pada tautan internal yang Anda buat agar nilai kata kunci dari halaman yang Anda tautkan dapat meningkat.

5. Gunakan Table of Content atau Anchor Link

Ketika Anda menggunakan daftar isi atau table of content yang notabene menggunakan sistem yang disebut anchor link/jump, Google bisa mendeteksi itu dan melampirkannya di bawah website Anda di SERP. Meskipun Google tetap akan memilih artikel mana yang akan diberikan additional link (tautan tambahan) di SERP, tapi mengoptimasi artikel dengan daftar isi adalah hal yang bisa membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Jadi tidak ada salahnya untuk Anda coba.

Membuat google sitelink di website

6. Optimasi SEO Website Anda

Tips membuat Google Sitelink terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimasi website Anda dengan teknik Search Engine Optimization (SEO). Tidak diragukan lagi bahwa hal ini akan membuat Google menampilkan website Anda pada posisi yang lebih baik di SERP.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan keyword dioptimasi pada meta keyword baik secara manual atau dengan bantuan tools tertentu. Selain itu, lakukan optimasi SEO On Page dan Off Page secara baik dan teratur pada website Anda.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.