Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Custom Domain

Cara Mengganti Domain Blogspot


Membuat blog dengan domain blogspot menjadi pilihan untuk mereka yang baru saja mulai memiliki website gratisan. Selain gratis blogspot juga sangat mudah dibuat. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu terkadang Anda ingin membuat blog tersebut supaya terkesan lebih profesional dengan menggantinya ke custom domain. 

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk Anda tentang cara mengganti domain blogspot ke custom domain.

Login ke Akun Blogger

Langkah pertama dalam cara mengganti domain blogspot yaitu login ke akun blogger menggunakan username dan password yang sebelumnya sudah dibuat ketika pembuatan akun. 

Cara yang perlu dilakukan yaitu klik pada menu setting yang terdapat di sebelah kiri. Tombol Setting atau Setelan yang ditandai dengan gambar berbentuk gerigi dan posisinya ada di bawah menu Theme dan di atas Reading List. 

Pilih Custom Domain

Setelah masuk ke menu setting selanjutnya pilih dan klik menu Custom Domain. Menu ini terletak di sub menu publishing. Ketikan nama domain yang hendak digunakan untuk situs blogger, lalu jangan lupa klik save. 

CNAME

Setelah menekan tombol save maka selanjutnya Anda akan melihat tampilan CNAME yang harus dipasang di pengaturan domain manajer Anda. CNAME tersebut ditandai dengan tulisan berwarna merah. 

Tulisan warna merah tersebut yang akan digunakan untuk setting di clientzone atau domain manager.

Masuk ke Domain Manager

Setelah mendapatkan CNAME selanjutnya Anda bisa minimize dulu blog tersebut untuk masuk ke clientzone atau domain manager. 

Anda harus login menggunakan akun yang sudah dibuat. Jika belum mendaftar tentu saja Anda perlu mendaftar terlebih dulu ke salah satu jasa layanan penyedia custom domain. 

Setting Nameserver

Setelah berhasil login selanjutnya Anda harus membuka menu Nameserver Setting. Dalam menu ini Anda perlu mengatur name server sesuai dengan nameserver domain yang sudah dibeli. 

DNS Management

Salah satu langkah penting dalam rangkaian cara mengganti domain blogspot ke custom domain yaitu melakukan update pada DNS Management. 

Biasanya untuk yang pertama kali akan muncul tombol daftar lalu diikuti dengan aktif dan terakhir update. Anda harus mengklik terlebih dulu sampai tidak ada muncul tombol update setelah itu baru add new record. 

Add New Record

Setelah mengatur DNS manajemen, langkah berikutnya yaitu melakukan pengisian pada bagian add new record. Rincian dari A record yaitu sebagai berikut:

  • Domain name : dikosongi saja
  • TTL : default (86400) 
  • Record Type : A
  • Hostname : 216.239.32.21

Membuat CNAME

Dalam cara mengganti domain blogspot di atas atau tepatnya pada poin ketiga sudah dibahas mengenai pesan error dari blogger yang berupa CNAME. Pesan error yang berwarna merah tersebut berguna untuk membuat CNAME Record. 

Anda perlu memasukkan informasi yang sudah tertera di dalam pesan tersebut ke dalam pengaturan DNS. Berikut ini adalah contohnya:

  • Domain name : www
  • TTL : 14400
  • Record type : CNAME
  • Hostname : ghs.google.com

Perhatikan domain name yang perlu diisi dengan www dan tujuan atau destinationnya diisi dengan ghs.google.com.

Selanjutnya isi juga pada bagian Modify CNAME dengan contoh sebagai berikut ini:

  • Domain name : diisi sesuai pesan error berwarna merah yang tertera pada blogger Anda (contoh:x7zwciuzhck3) 
  • TTL : 1440
  • Record Type : CNAME
  • Hostname : diisi sesuai pesan error berwarna merah yang tertera pada blogger Anda (contoh: gv-zjma27pnkuhill.dv) 

Tunggu 1-24 Jam

Setelah setting DNS selesai Anda perlu menunggu kurang lebih selama 1 sampai 24 jam lalu bisa diulangi lagi proses penghubungan custom domain pada blogger. 

Pengaturan Redirect

Apabila domain sudah berhasil tersimpan di blogger atau blogspot maka selanjutnya aktifkan pengaturan redirect domain. 

Untuk mengaktifkannya berikut ini adalah petunjuk yang bisa Anda ikuti: Masuk lagi pada blogger Anda lalu pilih dan klik redirect domain. 

Mengatur Pengaturan di Blogger

Langkah terakhir dari cara mengganti domain blogspot yaitu melakukan konfigurasi pada SSL/TLS untuk domain yang sudah didaftarkan. Mengaktifkannya bisa melalui pengaturan pada menu blogger. 

Dari menu blogger tersebut klik pada bagian setting lalu cari menu HTTPS. Aktifkan dengan cara geser ke kanan tombol hijau pada bagian HTTPS availability dan HTTPS redirect. 

Mengapa Perlu Melakukan Custom Domain?

Ada beberapa alasan atau pertimbangan mengapa seseorang ingin mengganti nama domainnya dari domain blogspot.com ke custom domain seperti .com .id atau lainnya. 

Berikut ini adalah alasan paling umum yang menjadi bahan pertimbangan seseorang sebelum memutuskan untuk mengganti nama domain. 

Supaya Mudah Diingat

Para pengunjung blog Anda akan jauh lebih mengingat nama domain yang pendek dibandingkan domain panjang. 

Domain yang mudah diingat oleh visitor mampu meningkatkan kemungkinan mereka untuk datang kembali ke blog Anda jika informasi yang disajikan berkualitas dan mampu memenuhi keinginan mereka. 

SEO Friendly

Alasan berikutnya mengapa orang-orang rela menggunakan custom domain meskipun harus mengeluarkan sejumlah uang baik di awal maupun perpanjangan adalah karena custom domain dianggap lebih SEO friendly. 

Blog yang telah diubah menjadi custom domain memiliki tingkat kepercayaan yang jauh lebih baik di mata mesin pencari Google karena SEO menjadi salah satu penentu dalam perangkingan SERP. 

Lebih Berkelas

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa custom domain jauh lebih berkelas dibandingkan blog yang masih menggunakan domain blogspot.com.

Bahkan tidak sedikit juga orang yang kurang percaya dengan informasi yang disajikan oleh domain gratis sehingga mereka lebih memilih domain yang sudah menggunakan custom domain. 

Terkesan Lebih Profesional

Mengubah subdomain gratis dari blogspot dengan top level domain bisa membuat tampilan blog Anda menjadi terkesan lebih profesional. 

Blog dengan kesan profesional biasanya dicari oleh mereka yang mencari info-info penting untuk menunjang pendidikan atau pembuatan sesuatu. 

Tentu saja pengunjung blog tidak akan sembarangan memilih sumber referensi karena dan mereka lebih cenderung memilih blog yang terkesan kredibel. 

Meningkatkan Trafik

Seorang blogger tentu ingin blog yang dikelolanya memiliki banyak pengunjung. Salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog yaitu dengan mengubah domain gratis menjadi domain berbayar atau top level domain. 

Meningkatnya traffic blog setelah melakukan custom domain disebabkan oleh tampilan namanya yang menjadi lebih profesional. 

Selamat mencoba!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.