Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mengembalikan Cname Hilang Saat Custom Domain

Custom domain adalah merubah blog akhiran blogspot menjadi sebuah blog profesional dengan akhiran domain TLD. contoh blogsaya.blogspot.com menjadi blogsaya.net atau blogsaya.id. 


Untuk melakukan custom domain pastikan anda sudah mendapatkan host unik dan kode CNAME unik dari Blogger. Namun jika lupa anda bisa mendapatkan kode unik tersebut dengan mengikuti panduan ini, berikut Cara Mengembalikan Cname Hilang Saat Custom Domain:


1. Login ke Blogger

Silakan login ke akun blogger/ blogspot kamu. Kemudian klik menu pilih setelan kemudian klik dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik siapkan URL pihak ke 3 untuk blog anda. Tuliskan nama domain, lalu pastikan menggunakan www lalu klik simpan.

custom domain ke blogger

2. Mengembalikan Kode CNAME

Silahkan anda tunggu hingga muncul host unik dan kode CNAME unik dari Blogger. Jika sudah muncul untuk CNAME yang terbaru, lalu anda masuk kembali ke area pelanggan https://billing.exabytes.co.id/ dan klik Domain > Manage DNS > Edit Zone.

Klik gambar pensil untuk “Edit Zone”:



a. NAME nya adalah domain yang kamu beli, TYPE nya “A” dan RDATA nya adalah angka (IP Address default).
b. NAME nya mengandung “www” dan isi TYPE nya “CNAME”.

cara mengembalikan kode cname yang hilang

Bagaimana Apabila Tidak Menemukan Kode CNAME?

Tenang saja. Kamu bisa menemukan CNAME record blogger dengan cara berikut:

1. Mencari Kode CNAME Blogger

Silakan buka https://www.google.com/webmasters/verification/details

2. Memilih Domain TLD

Silakan klik Add a property. Kemudian tulis nama domainnya. Setelah itu, silakan klik Alternate Methods. Kemudian klik Domain Name Provider kemudian pilih Other. Pada bagian CNAME Destination/ Target, itulah CNAME yang hilang. Silakan copy kode CNAME tersebut.

cara mengembalikan kode cname yang hilang

3. Memasukkan ke area pelanggan 

Silahkan anda menunggu sebentar hingga muncul host unik dan kode CNAME unik dari Blogger, kemudian jika sudah muncul silahkan anda cukup memasukkan host unik dari google dan record unik dari google pada Manage DNS area pelanggan https://billing.exabytes.co.id/

cara mengembalikan kode cname yang hilang

Jadi cara mengembalikan kode CNAME yang hilang saat custom domain cukup mudah. Hampir sama dengan memperoleh kode CNAME, kamu bisa dapatkan kode tersebut melalui blogspot. 

Selamat mencoba dan Terima kasih.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.