Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Pasang SSL di Blogger untuk Custom Domain

Apa Itu SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, salah satu komponen penting yang harus dimiliki website. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Apabila sistem keamanan ini ditambahkan pada website Anda, maka URL website akan berubah menjadi HTTPS. Tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Kelebihan SSL

  • Mengamankan berbagai aktivitas seperti transaksi elektronik yang dilakukan pada sebuah website. SSL ini akan melakukan enkripsi data secara otomatis sehingga data/informasi bisa lebih aman dan terjaga. Tingkat kepercayaan pengunjung pada situs tersebut meningkat karena sudah cukup aman digunakan.

  • Mungkin juga, ini akan meningkatkan rank SEO secara tidak langsung.

  • Saat ini Google menganjurkan sebuah situs menggunakan protocol HTTPS.

Kekurangan SSL

  • Kalau situs Anda sudah menggunakan HTTP, maka Anda harus melakukan redirect HTTPS terlebih dahulu.

  • Kemungkinan, situs Anda tidak bisa diakses selain menggunakan HTTPS kecuali menggunakan pengaturan yang benar.

  • Jika suatu saat situs Anda tidak memakai protocol HTTPS lagi, maka halaman akan mengalami error. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan situs Anda dimata Google dan pengunjung.

Cara Pasang SSL di Blogger untuk Custom Domain

Bagi yang belum tahu caranya, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke akun Blogger Anda lalu klik opsi Draft Blogger

2. Selanjutnya, masuk ke bagian Setelan Dasar lalu lihat opsi HTTPS

3. Pada bagian pengalihan HTTPS, pilih “YA“. Kalau masih belum bisa, copot dulu custom domainnya lalu pasang lagi. Kemudian set yes di https availability dan https redirect.

4. Berikutnya, tunggu sampai kurang lebih 3 menit

5. Refresh halaman atau tekan CTRL+R

6. Sampai tahap ini, maka konfigurasi SSL atau HTTPS sudah berhasil

Dengan mengetahui cara pasang SSL di Blogger untuk custom domain, kamu tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk membeli SSL berbayar di registrar hosting dan domain. Lebih praktis dan hemat biaya tentunya.

Setelah Anda mengaktifkan HTTPS di situs Anda, maka dalam beberapa waktu ke depan iklan AdSense akan blank atau tidak muncul. Namun tenang saja, iklan AdSense juga akan tampil dengan sendirinya.








Tahapan Setelah Berhasil Setting HTTPS

Ganti Semua URL Lama dengan HTTPS

Caranya sebenarnya cukup mudah. Silahkan masuk ke Edit HTML lalu tekan CTRL + Shift + R dan masukkan URL lama blog Anda misalnya http://www.namadomain.com di kotak yang muncul di pojok kanan atas. Setelah itu, tekan Enter.

Update Google Webmaster

Hal ini perlu Anda lakukan agar hasil di mesin pencarian lebih optimal dan stabil. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan Fetch as Google melalui sitemap atau index ulang melalui Google Search Console.

Contoh: alamat yang didaftarkan http://www.namadomain.com, maka pendaftaran yang kedua ini daftarkan dengan https://www.namadomain.com.

Memeriksa Template Blog untuk Mixed Content

Jika ternyata HTTPS Anda masih berwarna abu-abu, mungkin template blog Anda mempunyai mixed content dan itu harus diperbaiki supaya HTTPS bisa berwarna hijau.

Pastikan juga semua URL menggunakan HTTPS dan bisa diakses sebagaimana mestinya. Kalau sanggup, periksalah URL tersebut satu per satu secara manual. Meski cukup merepotkan, tapi Anda bisa menganalisa dengan lebih baik.


Selamat mencoba dan Terima kasih.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.