Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Setting Custom Domain Wix

Cara Setting Custom Domain Wix

 

Wix adalah tools yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website dengan mudah. Anda hanya perlu memikirkan konsep, seperti nama website, hingga konten di dalamnya. Selanjutnya, Wix akan membuat website tersebut hingga selesai dan siap untuk diakses.

 

Wix juga menyediakan paket gratis hingga berbayar. Paket gratis biasanya terdapat subdomain blabla.wixsite.com. Tentu ini kurang profesional, karena terlihat menggunakan paket gratis. Sayangnya memang sebatas itu, fitur yang disediakan paket gratis Wix.

 

Anda bisa mengarahkan website yang dibangun dengan Wix ke sebuah domain, namun perlu upgrade ke paket yang berbayar.

 

Catatan: Silahkan membeli paket berbayar Wix terlebih dahulu untuk mengikuti langkah-langkah di bawah. Dikarenakan untuk layanan Free / non-premium wix tidak dapat melakukan custom domain.

Mengarahkan Domain ke Wix dengan Metode Pointing

Anda bisa menggunakan pengaturan pointing untuk menghubungkan domain dengan Wix.

Langkah Pertama

1. Anda perlu login pada halaman Dashboard Wix. Masukkan email dan password akun Wix untuk masuk halaman dashboard.

1 Login Wix (Edit)

2. Anda akan berada di halaman Dashboard Wix. Pada kotak atas, klik Connect Your Own Domain untuk mulai menghubungkan domain Anda sendiri.

2 Dashboard Wix Tampil   Connect Your Own Domain (Edit)

3. Anda akan diarahkan ke halaman untuk menghubungkan domain dengan website Wix. Pilih Connect a domain you already own karena Anda sudah memiliki domain dari Exabytes Indonesia.

3 Connect a domain you already own (Edit)

4. Pilih situs yang ingin Anda hubungkan dengan domain Anda dan klik Next.

 

5. Masukkan nama domain yang telah Anda miliki.

 

6. Klik DNS di sebelah Connection Method di bagian bawah halaman.

 

7. Pilih Pointing.

7 Pilih Pointing (Edit)

Catatan: Biarkan halaman ini tetap terbuka, sehingga Anda dapat kembali untuk memverifikasi koneksi pada langkah ke-4.

Langkah Kedua

1. Anda perlu login ke Client Area Exabytes untuk mengelola DNS domain.

2. Selanjutnya, Anda perlu masuk ke menu Domain, dan pilih sub menu Manage DNS untuk memilih domain yang ingin dihubungkan dengan website Wix. Kemudian, klik Edit DNS pada domain yang akan dikelola.

3. Setelah itu, klik tombol Add Record yang ada di bagian atas.

4. Ada dua record yang perlu ditambahkan, antara lain:

  • A Record: Record untuk menghubungkan domain dengan Wix.

  • CNAME: Record agar domain dapat diakses dengan subdomain www.

4.1. Pertama, Anda tambahkan A Record terlebih dahulu. Isi form seperti di bawah ini. Anda perlu input IP Address dari Wix: 23.236.62.147. Jika sudah sesuai, klik Save Record untuk menyimpannya.

4.2. Kedua, Anda perlu menambahkan record CNAME. Isi form seperti di bawah ini. Anda perlu input www pada form Sub Domain. Sedangkan, input www109.wixdns.net pada form Hostname. Jika sudah sesuai, klik Save Record untuk menyimpannya.

5. Jika Anda berhasil menambahkan Record, maka akan muncul kotak memberi ucapan selamat. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu Masa Propagasi. 

 

Masa Propagasi: Waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server. Umumnya 1x24 Jam dan bergantung pada DNS provider internet yang digunakan.

Langkah Ketiga (Opsional)

Setelah Anda memperbarui data DNS domain melalui Member Area Exabytes Indonesia, kembali ke halaman Domain di akun Wix dan klik Verify Connection.

Verify domain connection (Edit)

Langkah ini opsional, hanya untuk memeriksa apakah Anda telah memperbarui server nama domain dengan benar. Jika Anda telah menutup halaman di akhir Langkah Pertama, Anda dapat mengabaikan langkah ini.


Selamat! Domain Anda telah terhubung dengan website yang dibangun dengan Wix. Selanjutnya, cukup menunggu masa propagasi hingga resolved dan website dapat diakses dengan domain tersebut.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.