Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway pada Website

Kali ini kami akan membahas tentang Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway pada Website. 502 Bad Gateway merupakan salah satu error yang tidak hanya ditemukan di WordPress, melainkan juga website lain dengan platform berbeda, seperti Shopify atau Drupal.

Error ini terjadi ketika gateway atau proxy menerima respons yang tidak valid dari server. Sehingga browser akan menampilkan error 502, dan pengunjung pun tidak akan bisa mengakses websitenya tersebut.









Perihal penyebab 502 Bad Gateway. Berikut di antaranya:

  1. Perlu membersihkan cache browser.

  2. Plugin & tema yang perlu diupdate.

  3. Log Error.

  4. DNS yang bermasalah.

Untuk cara mengatasi 502 Bad Gateway:

Permasalahan ini umumnya disebabkan pada server, namun tidak jarang dikarenakan masalah dari sisi website anda sendiri. Dalam perihal ini kami akan membahas penyebab serta cara solusi memperbaiki 502 bad gateway agar website Anda dapat diakses kembali.

  • Hapus Cache Pada Browser

Cara ini perlu Anda lakukan guna memastikan error yang muncul bukan berasal dari halaman error yang tersimpan pada browser Anda. How to Clear Your Browser Cache - KB






  • Menggunakan Browser Lain

Ketika anda sudah menghapus cache browser tak menyelesaikan masalah, cobalah untuk berganti menggunakan browser lain. Mencoba berganti ke mode incognito juga bisa dilakukan. Cara ini bisa dilakukan untuk memastikan apakah masalah ada di browser itu sendiri.


  • Masalah pada DNS Record

Penyebab lain dari error 502 Bad Gateway adalah masalah pada DNS, contoh untuk domain tidak mengarah ke IP tujuannya. Kesalahan kerap terjadi ketika Anda memindahkan website. Oleh karena itu, Anda perlu menunggu hingga 1x24 jam ke depan untuk menyelesaikannya.


  • Pengecekan pada Layanan Hosting

Masalah ini biasanya lebih sering dialami oleh pengguna shared hosting, dimana terdapat script yang akan menghentikan request dari query website Anda. Hal ini dilakukan guna mencegah server down dan berimbas ke pengguna lainnya dengan server yang sama.


  • Mengecek Plugin dan Template pada Wordpress

Plugin serta template Anda dapat menjadi sumber permasalahan error 502 Bad Gateway. Script maupun query dari website Anda dapat saja dihentikan oleh sistem server karena adanya script pada WordPress yang bermasalah. sumber permasalahan tersebut kerap ditemukan pada plugin atau template yang Anda install.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menonaktifkan semua plugin, kemudian coba akses website Anda kembali sebelum memastikan error tersebut masih ada atau tidak.

Untuk menonaktifkan plugin silakan anda login ke Dashboard Wordpress terlebih dahulu kemudian pilih menu Plugins > Installed Plugins. Kemudian, berikan tanda centang pada semua plugin, pilih Deactivate pada menu dropdown dan klik Apply. Visualisasi penjelasan lebih lanjut dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

 

 

 

 

 

Selanjutnya, akses folder plugins dengan cara masuk ke direktori utama instalasi WordPress Anda, kemudian buka folder wp-content.

Jika error sudah tidak muncul, silakan aktifkan kembali plugin Anda satu per satu melalui dashboard WordPress. Jangan lupa juga Anda namai kembali folder plugins yang sebelumnya telah Anda diubah.

 

  • Mengecek Error Log

Jika kemunculan error 502 bad gateway pada website muncul setelah Anda melakukan perubahan tertentu, maka kemungkinan besar perubahan itulah yang menyebabkan error. Melihat error log adalah salah satu jalan untuk mengetahuinya.

Untuk mengaktifkan error log pada wordpress, Anda cukup menambahkan beberapa line dibawah ke wp-config.

define( 'WP_DEBUG', true ); 

define( 'WP_DEBUG_LOG', true ); 

define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

Untuk melihat perubahan entry yang terjadi, Anda dapat mengakses file wp-contents/debug.log untuk menganalisa error yang terjadi.

 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi 502 Bad Gateway pada website Anda. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, error tersebut biasanya tidak disebabkan dari sisi klien, melainkan karena adanya permasalahan pada server. 

Selain itu, plugin atau template dengan struktur code yang buruk juga dapat menjadi penyebab utama error tersebut.

 

Jika permasalah tersebut tidak selesai menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas. Anda dapat menghubungi team Technical Support kami melalui via Email di support@exabytes.co.id 

 

Selamat mencoba dan Terima kasih.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.