Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Bagaimana cara mempercepat propagasi pergantian Name Server (NS)?

Propagasi NameServer atau NS adalah suatu hal yang di luar kendali Exabytes sebagai penjual domain. Karena proses propagasi itu sendiri baik Name Server atau Domain Name Server (DNS) dipengaruhi beberapa faktor external yang tidak dapat di kontrol.


Sebagai contoh :


Ketika Mawar mempunyai domain domain.tld ia ingin mengganti NameServer (NS) ke yang lain, karena hosting websitenya berada di luar. Kemudian menurut keterangan Mawar NS sudah diubah 5 jam lalu namun tidak kunjung resolve juga domain miliknya. Mengapa hal ini terjadi?


Jika Anda membeli domain dimana pun berada entah itu di Exabytes atau dimana pun, ketika sudah mengubah NS ke yang dituju secara otomatis sistem backend langsung melakukan lock terhadap NS yang dituju. Dan sistem backend langsung proses propagasi NS.


Secara simpel adalah ada 2 faktor external yang menjadikan proses ini menjadi lama.

1. Proses caching dari tiap server Name Server umumnya cukup lama.

2. DNS resolver dari sisi pelanggan (yaitu dari penyedia internet yang digunakan) mempunyai caching yang bervariasi.


Oleh karena itu masa propagasi pergantian Name Server (NS) umumnya bervariasi. Karena rangkaian proses yang ada, kita bisa katakan masa propagasinya adalah 1x24 jam maksimal.


Kecuali Anda punya Name Server (NS) yang bersifat intranet (lokal) hanya sebatas LAN saja, maka dalam hitungan detik langsung ter-propagasi :)

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.