Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Menggunakan Select PHP Version dan MultiPHP Manager cPanel

Masih bingung !! ‘bagaimana cara mengganti versi php di hosting cPanel anda‘. Karena anda pengguna baru, 2 fitur PHP di cPanel di rasa cukup membingungkan bagi anda. Kedua fitur tersebut adalah MultiPHP dan Select PHP Version.


Pada dasarnya, fungsi dari keduanya sama yaitu untuk melakukan perubahan versi PHP di servernya. Akan tetapi keduanya tidak dapat diaktifkan bersamaan dan hanya dapat digunakan salah satu.



Kedua menu tersebut juga memiliki perbedaan walaupun fungsinya sama untuk melakukan perubahan versi PHP di Cpanel server anda


Select php version selain digunakan untuk perubahan versi PHP, dapat digunakan untuk melakukan perubahan limitasi PHP proses di hostingnya seperti memory_limit, upload_max_filesize, post_max_size, dan lain sebagainya. Setting pada select php version akan digunakan untuk seluruh website yang ada di hosting yang anda.


Jika untuk multiphp manager tidak memiliki custom php, hanya dapat digunakan untuk setting versi PHP yang berbeda-beda setiap domain / subdomain / addon domain yang ada di hosting tersebut, jadi dalam 1 hosting anda jika ada beberapa domain / subdomain dapat menggunakan versi PHP yang berbeda-beda sesuai kebutuhan nya.


Cara Mengaktifkan “Select PHP Version di Cpanel”

Fitur select php version dapat anda pilih di Cpanel anda, jika anda menginginkan custom php yang lebih mudah. Berikut ini cara mengaktifkannya.


1. Untuk mengaktifkan select php version pastikan setting multiphp manager untuk seluruh domain / subdomain yang ada di hostingnya tersetting pada versi PHP inherit. Bisa lihat pada gambar di bawah ini !!




2. Setelah itu baru dilakukan setting versi PHP dari menu “select php version” dan untuk setting custom php.ini dapat dilakukan dengan klik tulisan “switch to php options”  contoh di bawah ini .



Anda juga bisa mempelajari panduannya melalui link : Tutorial Memilih Versi PHP di cPanel


Mengaktifkan “MultiPHP Manager” Di Cpanel 


Opsi MultiPHP manager dapat anda pilih, apabila dalam 1 hosting terdapat banyak domain atau subdomain, dan anda membutuhkan versi php yang berbeda-beda. Berikut cara mengaktifkan fitur MultiPHP manager di cPanel anda.

1. Untuk mengaktifkan multiphp manager pastikan setting pada “select php version” disetting pada versi “NATIVE” otomatis fungsi PHP nya menggunakan setting dari “MultiPHP Manager” anda.

 

2. Setelah menggunakan versi “NATIVE” masuk ke menu multiphp manager untuk mengatur versi PHP pada masing-masing domain / subdomain yang ada di hosting Cpanel anda.

Demikian panduan cara menggunakan fitur-fitur select php version dan multiphp manager di cPanel Exabytes, semoga bermanfaat.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.