Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install Lets encrypt Auto SSL pada cPanel & WHM

SSL sangat penting bagi Anda, terutama jika Anda memiliki website bisnis atau e-commerce. Hal ini karena Anda akan bertanggung jawab atas semua informasi pengunjung website. Tentu saja hal ini berarti Anda harus memastikan website yang Anda miliki aman. Untuk mendapatkan SSL, Anda harus memiliki Sertifikat SSL. 

Berikut ini akan kami jelaskan cara untuk melakukan Install Lets encrypt Auto SSL pada cPanel & WHM

cPanel

Hal pertama kali yang dilakukan adalah login terlebih dahulu ke control panel nya berikut caranya :


  1. Login ke Cpanel nya ,  untuk Panduan login ke cpanel nya, bisa anda lihat pada artikel Cara login Ke cPanel
  2. silahkan anda cari menu ssl seperti gambar dibawah berikut, dan diklik menu ssl/tls
  3. Nantinya, akan masuk pada tampilan untuk melakukan instalasinya terlebih dahulu, dan pilih kelola situs ssl / manage auto ssl
  4. Jika sudah, silahkan di scroll dan difokuskan kepada bagian tahap install situs web ssl, yang dimana untuk langkah pertama bisa dicek pada gambar berikut
  5. nantinya jika sudah selesai instala sertifikasi, akan muncul seperti gambar dibawah ini, yang menandakan untuk sslnya berhasil di install setelah itu, klik ok, dan kembali lagi pada menu utama cpanelnya ya.
  6. Jika sudah, silahkan anda cari  menu ''SSL/TLS Status, nantinya, akan muncul seperti gambar dibawah ya,
     
  7.  Pilih dan ceklist pada alamat yang ingin diaktifkan autossl, lalu klik menu ''Run Autossl''
  8. Silahkan tunggu beberapa saat, apabila muncul pesan error anda bias menghubungi teknikal support kami melalui tiket support dan sertakan errornya di tiket support nya.


WHM

Pada fitur ini memungkinkan Anda untuk meninjau log dan memilih pengguna yang ingin diamankan menggunakan AutoSSL ini. berikut cara mengaktifkan let's encrypt pada AutoSSL pada WHM: 


1. Login terlebih dahulu di WHM dengan user root anda.



2. Pilih menu Manage AutoSSL (pastikan AutoSSL Providers aktif) 



3. Pilih menu Manage Users 



4. input nama user yang ingin anda aktifkan, kemudian anda dapat pilih user yang ingin diaktifkan autossl dengan memilih menu enable autossl (no1) setelah itu pilih menu check "user" (no2) 



5. Kemudian anda pilih menu "install an SSL certificate on a domain" 



6. Setelah itu anda dapat input namadomain pada menu tab domain, kemudian anda pilih tab autofill by domain.  



7. Pilih menu install dan tunggu hingga proses instal autossl ini selesai, kemudian anda pilih OK.  




Cara lain untuk melakukan verifikasi Autossl bisa juga dengan cara login ssh dengan putty dan jalankan perintah dibawah ini :


/usr/local/cpanel/bin/autossl_check –user=USERNAME

Dan kurang lebih pada akhir output akan muncul keterangan bahwa system akan melakukan instalasi autossl tersebut seperti contoh dibawah ini:


The system will attempt to renew the SSL certificate for (naruna.id: webmail.naruna.id cpcontacts.naruna.id naruna.id mail.naruna.id cpanel.naruna.id webdisk.naruna.id cpcalendars.naruna.id)

FAQ AutoSSL di cPanel :


1. Umumnya issue autossl terjadi dikarenakan issue pada point 1, yaitu tidak resolve suatu domain atau subdomain ke alamat ip cPanel tersebut


Solusi: Gunakan dns checker atau tools lainnya untuk memastikan domain atau subdomain sudah benar mengarah ke cPanel dari autossl tersebut, dan jika dicek masih belum resolve silahkan kontak ke penyedia dns dari domain Anda


2. Issue yang kedua banyaknya permintaan poll renew ssl ke pihak penyedia seperti comodo atau sectigo yang memiliki limit per-hari, oleh karena itu harap bersabar dikarenakan autossl adalah produk gratis yang cukup berguna dalam melindungi situs Anda


Solusi: untuk hal ini silahkan tunggu antrian permintaan autossl, atau bisa juga gunakan perintah dibawah ini untuk memastikan :

/usr/local/cpanel/bin/autossl_check_cpstore_queue –force


Jika dalam waktu 1x24 jam masih belum juga terinstall/terupdate autossl tersebut, maka silahkan jalankan kembali instalasi dibawah ini dari terminal:

/usr/local/cpanel/bin/autossl_check --user=username



Jika ada kendala, silahkan dapat menghubungi kami baik melalui livechat, maupun email ke support@exabytes.co.id

Terima kasih!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.