Grow Your Business Online.
Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Setting DNS Record Melalui Cloudflare

Mengenal DNS Cloudflare.

Cloudflare adalah sebuah layanan CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN lain. Cloudflare berada di antara nama domain dan web hosting yang memiliki kemampuan untuk memfilter trafic dan mempercepat akses website. Namun salah satu keunggulan cloudflare yakni kita dapat menggunakan DNS management nya yang mana fungsi DNS tersebut sangat efisien untuk mengelola Domain.

Kemudahan dalam mengelola DNS di domain membuat para pemilik Domain mendaftarkan domainya pada Cloudflare untuk lebih mudah dalam pengelolaan DNS.

Dari beberapa fitur cloudflare, terdapat fitur DNS dimana anda dapat menambahkan record seperti A, CNAME, TXT, dan sebagainya. Pada panduan kali ini kami akan menjelaskan Bagaimana cara menambahkan DNS record pada Cloudflare. Berikut panduannya :

1. Login ke Dashboard Cloudflare.

Pertama anda dapat login ke dashboard cloudflare terlebih dahulu, anda dapat menggunakan tautan berikut Untuk login Dash.cloudflare.com. masukan email dan password anda kemudian login.

2. Pilih Domain Yang Akan Di Manage.

Jika anda memiliki banyak nama domain dalam satu akun cloudflare maka anda dapat memilih salah satu yang akan di tambahkan dan di ubah DNS nya ( menu ini tidak ada Jika anda hanya memiliki satu domain jadi langsung ke Langkah no. 3).

3. Pilih fitur DNS.

Berikutnya akan terdapat fitur-fitur dari cloudflare, Disini anda akan mengelola DNS jadi silahkan anda pilih Fitur DNS.

Klik Fitur tersebut.

4. Menambahkan dan Mengubah DNS Record

Untuk menambahkan DNS record baru anda Klik Add record kemudian anda pilih record baru yang ingin di Tambahkan.

Untuk Proxy Status anda dapat memilih DNS atau Proxied, jika memilih proxied anda harus melewati layanan dari CDN Cloudflare terlebih dahulu, keduanya sama saja.


Contoh untuk menambahkan CNAME :


Contoh untuk menambahkan record TXT :


Contoh untuk menambahkan MX record :


Jika ingin mengubah DNS yang sudah ada, anda klik “edit” kemudian silahkan anda bisa mengubahnya.

Jika sudah lalu Klik save.

Kesimpulan

Pengubahan DNS record pada Domain dengan menggunakan cloudflare memerlukan waktu 1x24 jam untuk masa Propagasinya. Jadi silahkan ditunggu propagasi dnsnya.

Untuk menghapus DNS yang tidak terpakai anda cukup klik “delete” pada Setiap DNS.

Demikian panduan Cara Menambah dan Mengubah DNS Record di Cloudflare semoga bermanfaat.

Terima kasih

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Sorry we couldn't be helpful. Help us improve this article with your feedback.