Ketika mempunyai WordPress website, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar terhindar dari batas Hit CPU atau Memory pada shared hosting. Optimasi diperlukan mengingat WordPress adalah cms dengan sejuta pengguna dan banyak sekali yang mengambil kesempatan untuk melakukan exploitasi.


1. Hapus semua plugin yang tidak diinginkan.

Terkadang pengguna menyimpan plugin lama dengan menonaktifkannya yang prosesnya dapat menyebabkan masalah pada penggunaan atau penggunaan CPU / Memori Virtual.

2. Perbarui plugin ke versi terbaru yang tersedia.


Plugin yang terlibat akan memerlukan pembaruan untuk memperbaiki bug mereka atau masalah apa pun yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut pada plugin itu sendiri yang dapat menyebabkan masalah terkait lainnya sebagian besar pada penggunaan CPU / Memori Virtual.

3. Optimasi tabel database rutin.

Agar semuanya berjalan lancar, Anda perlu masuk ke PhpMyAdmin secara rutin dan mengoptimalkan tabel database. Tabel data yang tidak dioptimalkan dapat membebani server. Terlebih lagi, penggunaan CPU juga lebih untuk membaca tabel data yang tidak dioptimalkan. Selain pengoptimalan tabel data, Anda juga dapat menghapus spam / data yang tidak disetujui.

4. Penggunaan tema dan kompatibilitas.

Ini adalah alasan atau penyebab paling umum pada masalah hit batas CPU / Memori Virtual. Sebelum melanjutkan untuk menginstal tema, yang terbaik adalah memeriksa kompatibilitas dan persyaratannya yang biasanya beberapa tema mewah membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk beroperasi secara normal.

5. Peningkatan dan caching WordPress.


Apakah Anda masih terbelakang dengan versi WordPress yang lebih lama? Nah, jika memang demikian maka sudah saatnya Anda meng-upgrade ke versi lanjutan dan terbaru. Sebagian besar dari kita mengabaikan ide meningkatkan wordpress hanya karena itu berfungsi dengan baik. Pembaruan membantu karena versi yang lebih baru lebih baik dalam hal keamanan dan optimalisasi.

Anda juga dapat menginstal program caching wordpress. Caching arsip setiap halaman web di situs Anda. Ini menurunkan beban server karena tidak perlu mengirim beberapa kueri ke database untuk menghasilkan beberapa halaman.

6. Kurangi penggunaan widget.

Pada WordPress tertentu yang dijalankan oleh pengguna dapat mengandung beberapa widget yang tidak perlu yang biasanya mengarah pada komplikasi yang mengharuskan penggunaan lebih banyak pada CPU / Memori Virtual untuk beroperasi.

7. Turunkan panggilan PHP atau Database.


Script PHP dan panggilan basis data juga menghabiskan banyak sumber daya CPU. Caching situs Anda membantu tetapi panggilan database / PHP tertentu tidak dapat dihindari. Karenanya, Anda harus membaca dokumentasi plugin dengan cermat dan menonaktifkan opsi yang tidak perlu.

8. Turunkan beban pada file index.php.

Pada jam sibuk, beranda Anda dapat membuat beban di server Anda selama jam sibuk. Untuk menurunkan beban ini, pastikan sederhanakan beranda Anda. Cobalah untuk menurunkan jumlah posting di beranda Anda dan menghapus file, tautan, dan gambar beresolusi tinggi yang tidak diinginkan. Akan lebih baik jika Anda memilih layanan CDN seperti Cloudfront

9. Nonaktifkan WP-Cron.

Nonaktifkan WP-Cron atau ubah tugas terjadwal agar berjalan setiap jam. Ini akan sangat mengurangi penggunaan CPU Anda. WP-Cron mengelola semua acara terjadwal Anda sehingga secara terus-menerus aktif di banyak situs saat itu tidak diperlukan.

10. Hindari plugin yang menggunakan beban CPU berlebihan.

Ini sering menjadi cadangan dan keamanan. Fungsi-fungsi ini paling baik ditawarkan oleh penyedia host berkualitas yang memiliki solusi terintegrasi.


Untuk implementasi detailnya (teknis), jika Anda masih bingung bisa langsung menghubungi support kami di email support@exabytes.co.id atau livechat di www.exabytes.co.id.