Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Membuat SPF, DKIM, DMARC, PTR di Manajer DNS

1. Login ke klien kami sistem penagihan di : -

Untuk klien : https://billing.exabytes.co.id/clientarea.php

2. Di bagian atas menu, klik > Domain > Kelola DNS.

3. Klik Edit nama domain zona untuk mengedit SPF, DKIM, DMARC Anda

4. Klik Tambah Catatan, lalu pilih TXT untuk menentukan data SPF Anda, lalu Tambah data.

     Nama: Nama domain Anda (namadomain.com)

Jenis: TXT
TTL: 3600
RDATA: Data catatan SPF Anda

Bagaimana cara mendapatkan catatan SPF?

Masuk ke cPanel Anda > Buka Email > Klik Keterkiriman Email

Selanjutnya klik Kelola 

Kemudian SALIN catatan untuk ditambahkan ke manajemen DNS Anda.

Contoh konten SPF sebagai data TXT di bawah ini:-

Server Khusus/SSDVPS: v=spf1 dan mx ip4:xxxx ~semua

Hosting Bersama: v=spf1 termasuk:se.mschosting.com -semua

5. Selanjutnya untuk menambahkan data DKIM 

      Nama: Nama domain Anda (namadomain.com)

Ketik: TXT
TTL: 3600
RDATA: Data rekaman DKIM Anda

Cara mendapatkan catatan DKIM Anda

cPanel :   https://support.exabytes.co.id/id/support/solutions/articles/14000133074-cara-mengaktifkan-spf-dan-dkim-di-cpanel

Plesk :https://support.plesk.com/hc/en-us/articles/115001027705-How-to-check-if-DKIM-is-working-on-a-domain &
https://support.plesk.com/ hc/en-us/articles/115000214973-Cara-mendapatkan-kunci-publik-DKIM-dari-Plesk-jika-DNS-tidak-diinstal-

6. Sedangkan untuk DMARC sudah standar. Tiga opsi umum bagi server penerima untuk menangani email dari Anda

    domain yang gagal validasi SPF.

     Tidak ada: v=DMARC1; p=tidak ada; sp=tidak ada; rf=afrf; persen=100; ri=86400

Tolak: v=DMARC1; p=tolak; sp=tidak ada; rf=afrf; persen=100; ri=86400

Karantina: v=DMARC1; p=karantina; sp=tidak ada; rf=afrf; persen=100; ri=86400

Tidak Ada : Hanya akan memantau hasil DMARC dan Anda tidak ingin mengambil tindakan spesifik pada semua email yang gagal. 

Karantina : Masukkan email yang gagal pemeriksaan ke karantina. Sebagian besar email ini akan berakhir di folder sampah penerima.

Tolak : Tolak semua email yang gagal dalam pemeriksaan DMARC. Penerima email harus melakukan ini pada tingkat SMTP. Email akan langsung terpental dalam proses pengiriman.

CATATAN:

      Harap diperhatikan bahwa data DMARC ini perlu ditambahkan sebagai subdomain _dmarc

7. Terakhir cara mengaktifkan PTR record

     Server Terdedikasi/SSDVPS: Untuk Dedicated/SSDVPS silakan hubungi dukungan kami kembali untuk mengaktifkan dari backend.

Shared Hosting : Sudah aktif saat Anda menambahkan domain ke hosting.

Dapat memverifikasi catatan dengan menggunakan alat online ini

https://www.appmaildev.com/en/dkim/ 

Klik pada Langkah Berikutnya > Ini akan menghasilkan email untuk Anda kirim email ke test-2394ff92@appmaildev . com > Salin email lalu kirimkan dari domain email Anda ke email test-2394ff92@appmaildev . com 

Hasil di bawah ini akan menunjukkan hasil catatan keberhasilan yang ditambahkan dan dilewati.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.