1. Login ke klien kami sistem penagihan di : -
Untuk klien : https://billing.exabytes.co.id/clientarea.php
2. Di bagian atas menu, klik > Domain > Kelola DNS.
3. Klik Edit nama domain zona untuk mengedit SPF, DKIM, DMARC Anda
4. Klik Tambah Catatan, lalu pilih TXT untuk menentukan data SPF Anda, lalu Tambah data.
Nama: Nama domain Anda (namadomain.com)
Jenis: TXT
TTL: 3600
RDATA: Data catatan SPF Anda
Bagaimana cara mendapatkan catatan SPF?
Masuk ke cPanel Anda > Buka Email > Klik Keterkiriman Email
Selanjutnya klik Kelola
Kemudian SALIN catatan untuk ditambahkan ke manajemen DNS Anda.
Contoh konten SPF sebagai data TXT di bawah ini:-
Server Khusus/SSDVPS: v=spf1 dan mx ip4:xxxx ~semua
Hosting Bersama: v=spf1 termasuk:se.mschosting.com -semua
5. Selanjutnya untuk menambahkan data DKIM
Nama: Nama domain Anda (namadomain.com)
Ketik: TXT
TTL: 3600
RDATA: Data rekaman DKIM Anda
Cara mendapatkan catatan DKIM Anda
Plesk :https://support.plesk.com/hc/en-us/articles/115001027705-How-to-check-if-DKIM-is-working-on-a-domain &
https://support.plesk.com/ hc/en-us/articles/115000214973-Cara-mendapatkan-kunci-publik-DKIM-dari-Plesk-jika-DNS-tidak-diinstal-
6. Sedangkan untuk DMARC sudah standar. Tiga opsi umum bagi server penerima untuk menangani email dari Anda
domain yang gagal validasi SPF.
Tidak ada: v=DMARC1; p=tidak ada; sp=tidak ada; rf=afrf; persen=100; ri=86400
Tolak: v=DMARC1; p=tolak; sp=tidak ada; rf=afrf; persen=100; ri=86400
Karantina: v=DMARC1; p=karantina; sp=tidak ada; rf=afrf; persen=100; ri=86400
Tidak Ada : Hanya akan memantau hasil DMARC dan Anda tidak ingin mengambil tindakan spesifik pada semua email yang gagal.
Karantina : Masukkan email yang gagal pemeriksaan ke karantina. Sebagian besar email ini akan berakhir di folder sampah penerima.
Tolak : Tolak semua email yang gagal dalam pemeriksaan DMARC. Penerima email harus melakukan ini pada tingkat SMTP. Email akan langsung terpental dalam proses pengiriman.
CATATAN:
Harap diperhatikan bahwa data DMARC ini perlu ditambahkan sebagai subdomain _dmarc
Server Terdedikasi/SSDVPS: Untuk Dedicated/SSDVPS silakan hubungi dukungan kami kembali untuk mengaktifkan dari backend.
Shared Hosting : Sudah aktif saat Anda menambahkan domain ke hosting.
Dapat memverifikasi catatan dengan menggunakan alat online ini
https://www.appmaildev.com/en/dkim/
Klik pada Langkah Berikutnya > Ini akan menghasilkan email untuk Anda kirim email ke test-2394ff92@appmaildev . com > Salin email lalu kirimkan dari domain email Anda ke email test-2394ff92@appmaildev . com
Hasil di bawah ini akan menunjukkan hasil catatan keberhasilan yang ditambahkan dan dilewati.