Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mengubah Permalink Wordpress

Apa itu Permalink?

Permalink adalah singkatan dari permanent link. Permalink merupakan keseluruhan URL yang digunakan sebagai identitas suatu halaman website/domain. 

Sesuai namanya, permalink bersifat tetap dan setiap halaman website memiliki permalink yang berbeda. Agar lebih jelas, perhatikan contoh permalink berikut ini:



Permalink adalah URL lengkap yang merupakan gabungan dari nama domain (exabytes.co.id) dan slug (cara-memperbaiki-permalink-wordpress). Slug sendiri adalah bagian dari permalink yang merujuk ke sebuah konten spesifik.

Permalink memiliki struktur yang beragam. Ada yang menggunakan tambahan tanggal, bulan, angka, nama postingan maupun custom structure. 

Di website WordPress, semua itu bisa ditemukan pada halaman Permalink Settings di Dashboard. Anda bisa mengatur permalink WordPress sesuai kebutuhan di halaman tersebut.


1. Silakan kalian ke menu setting > kemudian pilih Permalinks


2. Nantinya akan diarahkan seperti gambar dibawah ini :

pilih sesuai kebutuhan dan klik tombol Save Changes untuk mengaplikasikannya.




Sedikit informasi, Dengan permalink, pengunjung akan lebih mudah mengingat atau mengakses halaman website tertentu. 

Tak hanya itu, permalink yang baik juga akan memudahkan search engine mencari halaman konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan penggunanya. 

Oleh sebab itu, menggunakan permalink WordPress yang ramah SEO penting untuk meningkatkan peringkat konten website di mesin pencari.

Lalu, bagaimana cara membuat permalink yang bagus?

  • Singkat dan Jelas – Buatlah permalink yang singkat dan jelas agar lebih mudah diingat oleh pengunjung website. Disarankan untuk menggunakan maksimal 5 suku kata saja dan jumlah karakter maksimal sebanyak 59.
  • Deskriptif – Sebuah permalink harus bisa menggambarkan isi konten secara keseluruhan.
  • Masukkan Keyword – Menempatkan keyword pada permalink sangat disarankan untuk meningkatkan SEO on page.
  • Hanya gunakan kata penting – Jangan gunakan kata penghubung yang tidak memiliki arti khusus seperti dengan, dan, ke, yang, pada.
  • Hindari penggunaan angka tahun – Menggunakan angka tahun hanya akan membatasi kemungkinan konten Anda muncul di peringkat atas.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.