Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install Joomla di VPS

Login cPanel VPS

Pertama yaitu Anda login ke cPanel hosting VPS Anda. Pada umumnya untuk login ke cPanel VPS menggunakan format url https://ipvpsanda:2083. Sesuaikan ip nya dengan ip VPS Anda. Setelah itu Anda masukkan user dan password login cpanelnya. User dan password login cPanel umumnya dikirim ke email oleh penyedia hosting setelah Anda membeli hosting tersebut berikut cPanelnya. Jika Anda tidak bisa menemukannya, Anda bisa tanyakan langsung ke penyedia layanan hosting tersebut.




Pilih Softaculous App Installer

Setelah Anda sudah masuk ke cPanel, Anda akan dihadapkan dengan halaman utama cPanel. Untuk install Joomla, Anda bisa cari ‘Softaculous’ atau Anda juga bisa ketikkan ‘Softaculous’ di kolom pencarian. Setelah menemukannya, klik Softaculous tersebut




Pilih Joomla di Softaculous

Langkah berikutnya yaitu Anda akan masuk di halaman utama Softaculous. Anda langsung saja cari ‘Joomla’ di kolom pencarian lalu langsung klik CMS Joomla tersebut.



Instalasi Joomla

Sekarang Anda berada di halaman instalasi Joomla. Untuk memulai instalasi Joomla Anda harus melengkapi informasi yang ada seperti konfigurasi dasar, URL, username, password, email dan lain-lain. Jika semua sudah diisi dengan benar Anda tinggal klik tombol Install dibawah dan tinggal tunggu proses instalasi nya selesai


Masuk ke Halaman Admin

Setelah Joomla berhasil dan sudah di Install, Anda bisa edit website tersebut dengan masuk ke halaman admin Joomla. Pada umumnya format URL login halaman admin yaitu www.namadomainanda.com/administrator. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan Anda isi username dan password nya sesuai dengan yang pernah dibuat sebelumnya di bagian instalasi Joomla.


Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.