Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Install Hestia Control Panel di Debian 11

Artikel ini akan membantu Anda bagaimana cara memasang Hestia control panel dengan menggunakan Debian 11. Instalasi cukup mudah dan cukup cepat, tergantung dari banyaknya VPS RAM dan core Anda. Hestiacp bisa di pasang di beberapa sistem operasi seperti Debian 10, 11, 12 dan Ubuntu 20, dan 22.

Pertama, silakan kunjungi halaman install hestia terlebih dahulu dan isi module apa saja yang ingin Anda pasang, dengan cara klik ceklis pada opsinya. Kemudian salin text syntax instalasinya.

Hestiacp dapat memasang beberapa module plugin diantaranya seperti multiple PHP, web server, database, mail server, fitur fail2ban, bahkan masih ada banyak lagi! Silakan kunjungi halaman Hestiacp dan lihat sendiri.

Sebagai contoh kita ingin memasang Hestiacp untuk website saja menggunakan Apache dan Multiple PHP. Kemudian kita juga harus men-ceklis opsi force install dan enable hestia API juga. Jadi inilah command syntax yang akan digunakan :

bash hst-install.sh --multiphp yes --named no --mysql no --exim no --dovecot no --clamav no --spamassassin no --force

Server akan melakukan cek depencies dan kemudian mulai untuk proses pemasangan. Nantinya akan ditanyakan konfirmasinya. Oleh karena itu pastikan untuk jawab dengan mengetik huruf Y.

Enter your email address. Isikan dengan nama email Anda sendiri.

Enter your FQDN name. Isikan dengan nama server Anda yang mengandung subdomain contoh. server.mu.disana

Proses instalasi akan dimulai. Pada proses ini mungkin memerlukan waktu kurang lebih 15-20 menit untuk diselesaikan. Pastikan agar sesi SSH selalu tersambung atau tidak terputus. Kita instalasi sudah selesai, ia akan bertanya untuk reboot server.

reboot

Jika sudah terkonfirmasi VPS sudah up dan bisa diakses, lalu akses Hestiacp lewat web browser Anda. Bisa menuju ke ip.ip.ip.ip:8083 menggunakan https dimana 8083 adalah default port login untuk Hestiacp. Jadi kurang lebih seperti ini:

Untuk pertama kalo login masih menggunakan self-sign SSL browser. Jadi tidak perlu khawatir, kita hanya perlu melakukan bypass saja :

Ketika pertama kalu login ke Hestiacp, jika Anda tidak tahu password admin atau lupa passwordnya, maka bisa cek ke post ini bagaimana cara reset password. Jika Anda ingin reset, mohon pastikan untuk tidak membuat password yang lucu. Buatlah password dengan huruf angka yang kuat, tidak mudah ditebak, mengandung huruf angka dengan diikuti simbol juga.

v-change-user-password admin your-new-password

Kini Anda tinggal login ke Hestiacp dan berhasil menginstal Hestiacp di Debian 11.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.