Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Bagaimana Cara Cek Server Saya Online Atau Offline?

Panduan ini dibuat agar anda bisa mengetahui atau cara mengetahui apakah server anda berada dalam kondisi online atau offline. Sangat penting untuk mengetahui indikasi online atau offline.


Cek Ping

Hal pertama yang bisa anda lakukan dan yang paling simpel ada cek menggunakan ping. Ping adalah tools simpel untuk mengetahui apakah host tujuan membalas baik sinyal yang kita kirim. Pada Windows, anda bisa menggunakan cmd dan langsung menggunakan ping <host> untuk mengeceknya.


Sebagai contoh server anda mempunyai IP address 8.8.8.8. Jika anda ingin melakukan pengecekan terhadap server anda, maka gunakan cmd kemudian ketik ping 8.8.8.8.


Namun ada keadaan dimana anda mempunyai web server di server anda, melakukan ping dan berhasil atau online, namun website anda tidak dapat dibuka. Dalam hal ini bisa jadi service web server anda mengalami gangguan, anda harus cek dengan cara login SSH terlebih dahulu.


Skenario kedua, ada keadaan dimana mungkin anda lupa telah menyalakan firewall namun IP address anda masih belum di whitelist. Dengan demikian, ketika anda melakukan ping terhadap server, anda tidak mendapatkan balasan ping namun server masih online karena IP address anda belum di whitelist.


Cek Client Area

Jika server anda tidak dapat diakses atau offline, mungkin ada baiknya anda melakukan pengecekan terhadap layanan service anda, misalnya VPS Linux apakah layanan anda benar-benar online atau memang anda terlambat membayar tagihan invoice anda, sehingga menyebabkan server suspend secara otomatis dari system.


Jika layanan server anda Online dan tidak dalam masa suspended, maka anda bisa mencoba cari yang kami rekomendasikan, yaitu mengecek ping.

Jika terlihat offline, maka anda bisa menghubungi technical support kami untuk meminta bantuan lebih lanjut.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.