Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install MikroTik CHR di VPS

Hi Exabees! Mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan konfigurasinya yang lebih mudah daripada router cisco. Mikrotik juga bisa diinstall pada Cloud VPS dengan kebutuhan diantaranya seperti pembuatan IP Public, Server VPN (Tunnel), Proxy Server, DNS dan sebagainya. 


Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama silahkan akses ke VPS anda menggunakan ssh. Untuk akses ssh VPS menggunakan aplikasi Putty (Windows) atau Terminal (Linux/MacOS)

            

        2. Kedua, Setelah berhasil terhubung melalui ssh, kita cek terlebih dahulu disk dari VPS yang digunakan                 dengan perintah :


Dari hasil perintah diatas akan menampilkan hasil kurang lebih seperti gambar berikut. 


Note: Pada bagian yang dilingkari merah merupakan nama yang digunakan oleh disk VPS anda. Nama ini akan digunakan pada saat proses instalasi pada langkah selanjutnya.

  1. Ketiga, dilangkah ini kita akan menjalankan beberapa baris perintah untuk menimpa file sistem ubuntu pada VPS anda dengan file sistem MikroTik CHR. Silahkan anda copy paste baris perintah pada link pastebin berikut: https://pastebin.com/gyK793T5

           

4. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Lamanya proses ini tergantung dengan    kecepatan read/write pada paket VPS anda.

  1. Jika proses read/write sudah selesai maka akan tampil seperti gambar diatas, selanjutnya silahkan anda lakukan reboot/restart VPS.

  2. Tunggu hingga proses reboot/restart selesai, lalu coba akses MikroTik CHR anda menggunakan Winbox ke IP public VPS dengan menggunakan username dan password default MikroTik.


Selamat! saat ini MikroTik CHR anda sudah berhasil terinstall di VPS. kami sarankan untuk segera ubah username dan password default sebelumnya.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.