Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Saya Tidak Bisa Remote Desktop (RDP)

Jika anda tidak bisa melakukan RDP atau Remote Desktop Protocol maka perlu diperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.


Apakah Server Dalam Keadaan Online


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah lakukan pengecekan apakah server dalam keadaan online. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah cek ping.


ping x.x.x.x


Dimana x.x.x.x adalah IP server dari VPS Windows anda.


Kedua cek apakah VPS Windows anda dalam keadaan ON. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan cara login ke client area anda, kemudian lihat status VPS pada client area. Pastikan VPS anda berada dalam status active.


Cek Apakah Bisa Telnet


Hal kedua yaitu cek apakah bisa melakukan telnet ke port default RDP yaitu 3399.


Jika anda menggunakan sistem operasi seperti Linux dan MacOS, anda bisa langsung melakukan command berikut :


telnet x.x.x.x 3399


Dimana x.x.x.x adalah IP server dari VPS Windows anda.


Sedangkan untuk pengguna Windows, anda harus memasang fitur telnet terlebih dahulu. Untuk cara memasangnya maka bisa menggunakan langkah yang sudah disediakan oleh Microsoft berikut :

https://social.technet.microsoft.com/wiki/contents/articles/38433.windows-10-enabling-telnet-client.aspx


Cek Login Console


Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah lakukan pengecekan dengan cara login menggunakan Console yang telah disediakan. Anda bisa merujuk ke Cara Console ke VPS Windows. Kami juga rekomendasikan agar anda membaca Panduan Console VPS Windows terlebih dahulu.


Setelah masuk anda bisa login secara biasa memasukkan username dan password. Kemudian cek apakah service remote desktop sudah berjalan atau belum. Cara mengeceknya :


1. Buka Powershell.

2. Gunakan command berikut.


PS C:\Users\Administrator> Get-NetTcpConnection | findstr "3399" :: 3399 :: 0 Listen localip 3399 remote-ip 57983 Established Internet localip 3399 remote-ip  54655 Established Internet 0.0.0.0 3399 0.0.0.0 0 Listen


Jika terdapat tampilan port 3399 maka bisa dipastikan service Remote Desktop / RDP statusnya ON. Kemungkinan besar, dari sisi firewall yang harus di cek. Anda mungkin ingin melihat cara menambahkan firewall untuk lebih detailnya.


Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan cara cek service RDP apakah sudah berjalan atau membutuhkan restart service.


Jika cara di atas tetap tidak bisa, anda bisa menghubungi tim support kami yang akan siap membantu anda 24/7. Anda bisa menghubungi kami via email di support@exabytes.co.id atau melalui portal tiket kami di https://support.exabytes.co.id/en/support/tickets/new

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.