Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install Laravel di Windows

Apa Itu Laravel?

Laravel adalah framework PHP open source yang dirancang untuk membuat aplikasi web lebih mudah dan lebih cepat melalui fitur bawaan. Fitur-fitur ini adalah bagian dari apa yang membuat Laravel digunakan secara luas oleh pengembang web :

  • Sistem modular packaging dengan dependency management. Ini berarti Anda dapat dengan mudah menambahkan fungsionalitas ke aplikasi Laravel Anda tanpa harus menulisnya dari awal. Anda dapat membuat packages Anda sendiri untuk kode yang Anda gunakan secara rutin atau menginstal packages siap pakai melalui Composer.
  • Sistem autentikasi lengkap
  • Object-Relational mapping. ORM disertakan dengan Laravel menyajikan tabel database sebagai kelas untuk kemudahan akses data dan manipulasi.
  • Command Line Interface (CLI) yang hadir dengan lusinan perintah yang dibuat sebelumnya (Artisan).
  • Pengujian otomatis. Tes otomatis disediakan sebagai bagian integral dari Laravel.
  • Sebuah lingkungan pengembangan virtual portable. Homestead menyediakan pengembang dengan semua alat yang diperlukan untuk mengembangkan Laravel langsung dari kotaknya.

Cara Install Laravel di Windows

Sebelum Anda mengikuti panduan cara install Laravel pada Windows, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan dan install terlebih dahulu untuk mendukung instalasi Laravel di Windows. Aplikasi pendukung tersebut adalah : 

  • Aplikasi XAMPP (Download Xampp)
  • Composer (Download Composer)

Setelah Anda download 2 aplikasi tersebut, silahkan install terlebih dahulu dimulai dari menginstall XAMPP.

Jika Anda sudah install XAMPP dan juga Composer, maka sekarang Anda sudah bisa melakukan instalasi Laravel pada Windows.

Cara install Laravel di Windows terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

  1. Masuk ke Command Prompt atau CMD
  2. Masuk ke folder XAMPP (C:\xampp)
  3. Mulai Install Laravel
  4. Cek Instalasi Framework Laravel di Browser

Silahkan simak langkah – langkahnya berikut ini.

1. Masuk ke Command Prompt (CMD)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu masuk ke Command Prompt atau CMD terlebih dahulu. Caranya yaitu klik di keyboard Win+R. Masukkan kata CMD lalu klik OK.




2. Masuk ke Folder XAMPP

Setelah itu arahkan CMD atau terminal Anda agar berada di dalam direktori file server.  Lokasi file server di XAMPP sendiri secara default yaitu di xampp/htdocs. Anda hanya perlu memasukkan perintah dibawah ini untuk masuk ke direktori htdocs.

cd \xampp\htdocs



3. Mulai Install Laravel

Jika Anda sudah masuk ke direktori htdocs, Anda perlu mengambil sekaligus install file Laravel yang berada di dalam repositori Github. Masukkan perintah ini di terminal Anda : 

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu


Jika Anda sudah memasukkan kode tersebut dan klik Enter, maka Composer akan memulai proses pengambilan data laravel dan juga install Laravel ke direktori yang Anda tentukan tadi di awal yaitu htdocs. Agar tidak terjadi error atau gangguan ketika proses pengambilan data Laravel, pastikan jaringan internet Anda stabil. 



4. Cek Instalasi Laravel di Browser

Jika proses tersebut sudah selesai, pada direktori /xampp/htdocs akan muncul folder baru dengan nama project yang Anda tentukan sebelumnya tadi.


Jika Anda ingin memastikan Laravel sudah terinstall atau belum, Anda bisa arahkan Command Prompt ke direktori yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, gunakan kode dibawah ini:

php artisan serve


Jika di terminal Anda terlihat tulisan Laravel development server started setelah Anda gunakan kode tersebut, maka selanjutnya Anda bisa buka link yang tampil tersebut di browser. Default nya yaitu 127.0.0.1:8000. Nanti di homepage tersebut akan muncul tulisan Laravel seperti di bawah ini: 




Jika tampilan sudah seperti gambar diatas, maka install Laravel di Windows sudah berhasil.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.