Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Captha dan Fungsinya

Penjelasan captcha adalah kode keamanan yang penting dalam sebuah website. Terutama situs yang membutuhkan login dan data pengguna.

Saat kamu mengunjungi sebuah website, pernahkah kamu diminta untuk mengisi sekumpulan huruf, angka, atau gambar? Ya, itu disebut captcha. Ini mungkin mengganggu kamu. Tapi jangan salah. Ternyata pengisian huruf, angka, dan gambar bisa sangat membantu untuk kepentingan semua pihak.

Tanpanya, situs web yang kamu kunjungi mungkin mengalami gangguan. Kenapa begitu? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini.

Apa Itu Captcha?

Apa itu captcha? Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans. Captcha adalah fitur yang memberikan lapisan keamanan pada sebuah website untuk memastikan bahwa website tersebut dapat diakses oleh manusia, bukan robot. Fitur ini adalah proses otomatis yang diterapkan untuk memastikan pengunjung situs web.

Biasanya bentuk captcha berupa huruf, angka atau gambar. Dengan menggunakan captcha, sebuah website dapat menghindari spamming karena bot spam tidak dapat membaca huruf, angka, atau gambar captcha. Jadi ketika bot spam tidak dapat membaca captcha, bot spam tidak dapat mengakses halaman web.

Beberapa contoh captcha yang biasa terlihat di website yang kita kunjungi adalah kita harus mengklik bagian “Saya Bukan Robot” atau kita diminta memasukkan urutan angka atau huruf terlebih dahulu.

Apa Fungsi Captcha Untuk Website? 

Setelah membahas apa itu captcha dan penjelasannya, selanjutnya kita akan membahas fungsi captcha untuk website.

Adanya metode autentikasi ini sangat menguntungkan pemilik website karena dapat meningkatkan keamanan website. Bahkan bisa dibilang fungsinya sangat penting agar sistem website tidak mudah diserang oleh bot.


Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.