Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Panduan Cara Melihat Pengunjung WordPress dengan GA

Sebelum itu, Anda harus tahu cara membuat Google Analytic seperti berikut:

Langkah pertama: Anda masuk ke website GA di https://analytics.google.com/. Kemudian login menggunakan akun Google Anda. Lalu, klik Mulai Mengukur.

Catatan: Jika Anda sudah memiliki GA sebelumnya di akun ini, klik tombol Admin pada sidebar kiri paling bawah, pada bagian Akun klik Buat Akun.

Langkah kedua: Isi nama akun Anda, bebas saja, kemudian gulir ke bawah dan klik Berikutnya.

Langkah kedua– Pilih Web jika akun GA ini diperuntukkan hanya melihat trafik website Anda. Gulir lagi ke bawah dan klik Berikutnya.

Langkah keempat – Isi inputan pada kolom yang tersedia lalu klik Buat untuk menyelesaikan pendaftaran web.

  1. Nama Situs, bebas saja.
  2. URL Situs, pilih http atau https sesuai web Anda menggunakan SSL atau tidak, di kolom sebelah kanannya isi sesuai nama URL domain utama website Anda tanpa menggunakan http atau https.
  3. Kategori Industri, pilih salah satu kategori web Anda.
  4. Zona Waktu Pelaporan, pilih Indonesia, dan dipilihan sebelah kanan sesuaikan dengan zona waktu Anda,
  5. Setelah terisi dengan benar, Bizzi telah menyelesaikannya, dan setelah menghubungkan ke web WordPress, Anda sudah dapat melakukan cara melihat pengunjung wordpres baik melalui browser maupun aplikasi (Android/IOS) yang dapat Anda install pada gadget Anda.

Sebagai informasi, Anda dapat mendaftarkan banyak website untuk satu akun Google Analytic atau satu akun email Google.

Cara Menghubungkan Google Analytic ke WordPress

Setelah mendaftarkankan web di atas, Anda akan mendapatkan kode yang dapat disisipkan pada template WordPress, baik di header atau footer. Kami lebih menyukai menggunakan plugin dalam hal ini karena dengan plugin kita dapat melihat langsung trafik melalui dasbor atau halaman administrator WordPress.

Selain itu, ada pengaturan lain yang diperlukan dan Anda dapat baca di Plugin Gratis Keren Penampil Trafik Google Analytics di Dasbor WordPress.

Cara Kedua Melihat Pengunjung WordPress dengan Plugin WP-PostViews

Cara melihat pengunjung wordpress yang akan dijabarkan di dalam artikel ini sangat mudah, bahkan Anda yang pemula pun mampu menggunakan cara melihat pengunjung wordpress tanpa menemui kesulitan berarti. Syaratnya, Anda hanya perlu melakukannya tepat seperti yang dijelaskan. Berikut adalah cara melihat pengunjung wordpress:

  1. Pertama, install dulu Plugin WP-PostViews.
  2. Setelah Anda menginstall plugin tersebut, lalu aktifkan. Atau setelah Anda mendownload silahkan pergi ke Plugins => Add New, kemudian Anda klik tab Upload, masukkan file zip WP-PostViews yang tadi Anda undub (tidak usah di ekstrak), lalu setelah di upload silahkan Anda aktifkan.
  3. Setelah plugin WP-PostViews sudah selesai ditempatkan di dalam database blog WordPress Anda, maka kemudian Anda harus meletakkan kode:

<?php if(function_exists(‘the_views’)) { the_views(); } ?>

di single.php theme editor WordPress Anda tepat sebelum kode:

<?php while (have_posts()) : the_post(); ?>

atau sejenisnya.

  1. Berikutnya, silahkan Anda klik Update.
  2. cara melihat pengunjung wordpress selesai, silahkan Anda buka salah satu postingan WordPress Anda dan lihat angka yang tertera di bagian sekitar judul postingan.

 

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.