Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Sebelum menerapkan cara redirect HTTP ke HTTPS di bawah ini, Anda perlu untuk memasang sertifikat SSL terlebih dahulu di website.

Lalu, bagaimana cara memasang SSL di website? Tenang saja, layanan WordPress hosting Exabytes Indonesia menyediakan SSL gratis yang bisa Anda gunakan di website. Anda dapat menggunakan Let’s Encrypt yang bisa Anda aktifkan melalui member area Exabytes Indonesia.

Instal/Aktifkan Let’s Encrypt

Ikuti langkah-langkah instal/aktifkan Let’s Encrypt sebagai bagian dari cara redirect HTTP ke HTTPS.

Langkah 1: Masuk ke halaman login Member Area Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Setelah masuk klik Layanan.

Langkah 3: Di halaman produk saya & layanan, klik salah satu layanan hosting yang Anda gunakan. Misal dalam demo ini kami memilih WP 12 Beginner dan klik Atur produk.

Langkah 4: Scrol dan temukan tombol My Manage Hosting, klik tombol tersebut.

Langkah 5: Setelah masuk ke halaman control panel Plesk, cari menu Security > SSL/TLS Certificates dan klik.

Langkah 6: Setelah itu Anda akan masuk ke halaman SSL/TLS Certificate, scrol dan temukan Install a free basic certificate provided by Let’s Encrypt dan klik tombol install.

Langkah 7: Akan muncul popup SSL dan ceklis bagian Secure the wildcard domain (including www and webmail) dan klik tombol Get it free.

Langkah 8: Tambahkan TXT record yang diberikan untuk diterapkan di DNS Settings control panel yang kita gunakan.

Langkah: 9: Masuk ke DNS Settings caranya klik Website & Domains > tab Hosting & DNS > DNS Settings.

Langkah 10: Setelah terbuka, tambahkan TXT yang Anda dapatkan di langkah 8 sebelumnya dengan cara klik tombol Add Record dan nanti hasilnya adalah sebagai berikut:

Add record
Setelah ditambahkan

Selesai, Anda sudah mengaktifkan SSL di website. Sekarang saatnya untuk menerapkan cara redirect HTTP ke HTTPS setelah melalui proses instalasi di atas.

Redirect HTTP ke HTTPS

Sekarang saatnya menerapkan cara redirect HTTP ke HTTPS, caranya sangat mudah yaitu masih di halaman control panel yang sama.

Langkah 1: Klik Website & Domains.

Langkah 2: Klik SSL/TLS Certificates.

Langkah 3: Ubah Redirect from http to https menjadi aktif.

Selesai, sekarang Anda sudah menerapkan cara redirect HTTP ke HTTPS. Biasanya jika ingin hasil sempurna harus menunggu masa propagasi selama 1×24 jam. Tapi terkadang ada yang sudah aktif dalam waktu beberapa menit saja.

Lengkapi HTTPS di Website Anda Sekarang Juga!

Itu tadi langkah-langkah sederhana cara redirect HTTP ke HTTPS dengan mudah. Website yang dilengkapi dengan HTTPS akan lebih aman dan terpercaya, bahkan Google juga akan memberikan predikat baik di mesin pencari mereka.

Nah, agar bisa merubah HTTP ke HTTPS, pastikan bahwa Anda sudah menginstal sertifikat SSL terlebih dahulu. Jika Anda membeli layanan hosting dari Exabytes Indonesia, SSL gratis bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Selain SSL gratis, Anda juga akan mendapatkan keunggulan berupa litespeed cache yang merupakan salah satu solusi terbaik untuk kecepatan website. Layanan kami juga dilengkapi dengan alat keamanan website patchman, di manabisa melindungi website dari masalah keamanan.

Selamat mencoba cara redirect HTTP ke HTTPS di atas ya, good luck!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.