Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Custom Domain WordPress.com

WordPress.com adalah salah satu platform blog yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu hanya dengan membuat akun WordPress.com secara gratis, maka Anda sudah memiliki website yang bisa Anda gunakan.

Ketika Anda membuat akun WordPress.com versi gratis dan membuat website Anda sendiri dengan platform tersebut, maka alamat domain Anda akan menggunakan subdomain.

Sebagai contoh Anda membuat website tokosukses, sehingga WordPress.com akan menggunakan subdomain bawaan WordPress seperti tokosukses.wordpress.com. Jika kita perhatikan alamat domain tersebut, default subdomain terlalu panjang dan kurang profesional.

Berbeda dengan alamat domain seperti tokosukses.com, bagaimana menurut Anda? Lebih singkatdan menyakinkan bukan? Lalu, apakah ada cara menjadikan alamat subdomain di platform WordPress.com menjadi lebih singkat? Jawabannya adalah bisa yaitu dengan menggunakan custom domain.

Custom domain merupakan solusi yang tepat, dengan metode ini Anda bisa menyambungkan domain Anda sendiri ke website yang Anda buat di WordPress.com dan ini adalah salah satu kelebihan WordPress di mana bisa melakukan custom domain. Cara custom domain WordPress sangat mudah, Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah mudah saja.

Cara Mengganti Subdomain di WordPress.com dengan Custom Domain

Cara custom domain WordPress, bagaimana prosesnya? Caranya hanya 4 langkah saja mulai dari membeli domain, upgrade akun WordPress.com ke premium, mengarahkan domain Anda, dan mengganti nameserver.

Detail penjelasan tentang cara custom domain WordPress ada di bawah ini!

Membeli Domain Terlebih Dahulu

Langkah pertama adalah membeli domain yang Anda inginkan, jika sampai saat ini Anda belum memiliki domain sendiri. Anda bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau di Exabytes Indonesia dengan berbagai ekstensi domain.

Langkah 1: Buka halaman website Exabytes Indonesia dan menu Domain.

Langkah 2: Setelah klik menu Domain, Anda akan diarahkan ke halaman domain.

Exabytes menyediakan tiga pilihan domain di antaranya adalah Top Level Domains, Domain .ID dan Domain Premium, Anda bisa memilih salah satunya.

Langkah 3: Scrol dan pilih Top Level Domains, klik tombol Selengkapnya.

Langkah 4: Di halaman berikutnya klik tombol Cek & Order Domain.

Langkah 5: Masukkan nama domain Anda di kolom yang disediakan, setelah dimasukkan akan muncul daftar harga domain yang tersedia dari mulai .COM, .NET dan lain sebagainya.

Langkah 6: Pilih salah satu ekstensi domain. Dalam demo ini kami memilih ekstensi domain .COM, lalu klik lanjutkan.

Langkah 7: Scroll dan klik Lanjutkan kembali.

Langkah 8: Nantinya akan muncul halaman review & checkout, klik Bayar.

Langkah 9: Halaman sign up akan muncul, isikan beberapa informasi pribadi Anda di kolom yang disediakan.

Catatan: Jika Anda sudah memiliki akun member Exabytes, langkah 9 bisa dilewati dan langsung ke langkah selanjutnya.

Langkah 10: Di halaman checkout, Anda akan melihat metode pembayaran. Pilih salah satu dan dalam demo ini kami memilih metode pembayaran via virtual account (Mandiri). Jangan lupa klik ceklis pada I have read and agree to the Terms of Service dan Kebijakan Privasi dan klik Complete Order.

Selesai, halaman pembayaran akan muncul sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Jika ingin segera aktif, lakukan pembayaran secepatnya dan lakukan konfirmasi di kolom yang sudah disediakan atau klik disini.

Upgrade Akun WordPress.com

Setelah berhasil membeli domain, sekarang kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu melakukan updgrade akun WordPress.com yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki akun WordPress.com bisa daftar terlebih dahulu.

Kenapa Anda perlu upgrade akun ke WordPress premium? Alasannya adalah karena versi gratis tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengganti subdomain yang digunakan. Bagaimana caranya? Tenang, caranya sangat mudah!

Langkah 1: Login ke WordPress.com terlebih dahulu.

Langkah 2: Di halaman dashboard klik menu Updgrades > Plans tepat di bagian sidebar dashboard.

Langkah 3: Di halaman berikutnya Anda akan dihadapkan dengan pilihan akun premium dan totalnya ada empat macam akun premium.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail dengan perbedaan dari jenis akun premium tersebut, Anda bisa mengunjungi halaman tentang harga akun premium WordPress.com.

Langkah 4: Dalam demo ini kami memilih jenis Personal, Anda bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan ya! Nah dilanjutkan dengan klik tombol Upgrade yang letaknya tepat di bagian bawah.

Langkah 5: Di halaman berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir kartu kredit atau debit yang digunakan untuk pembayaran akun premium WordPress.com. Jika sudah diisi klik tombol Pay tepat di bagian bawah halaman tersebut.

Mengarahkan Domain

Setelah melakukan pembayaran, masuk kembali ke halaman dashboard dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Klik Upgrades > Domains > Add a domain.

Langkah 2: Klik Use a domain Own.

Langkah 3: Masukkan domain yang sebelumnya sudah Anda beli di Exabytes pada kolom yang telah disediakan dan klik tombol Next.

Langkah 4: Pilih Connect your domain dan klik Select.

Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman checkout, tapi jika sudah updgrades ke layanan premium. Anda tinggal lanjutkan ke selanjutnya yaitu mengubah nameserver.

Ubah Nameserver

Agar domain bisa terhubung dengan website Anda di WordPress.com, Anda perlu melakukan satu langkah lagi yaitu mengubah nameserver.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman member area Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Klik menu Domain > My domain.

Langkah 3: Pilih salah satu nama domain yang ingin Anda ubah, klik icon obeng untuk masuk halaman manage domain.

Langkah 4: Ketika halaman pengaturan domain sudah terbuka, pilih name server yang berada di bagian Manage.

Langkah 5: Pilih Use custom nameservers (enter below) dan masukkan nameserver yang diberikan WordPress.com saat upgrade akun premium. Kurang lebih nameserver default dari WordPress.com adalah sebagai berikut:

ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

Langkah 6: Klik tombol Update.

Perubahan name server ini biasanya akan memerlukan waktu beberapa jam, kurang lebih 2-4 jam ke depan. Jika ada masalah atau lebih dari 4 jam tidak tersambung dengan baik, Anda bisa menghubungi tim technical support kami melalui live chat atau email support@exabytes.co.id.

Mudah Bukan Cara Custom Domain WordPress?

Sekarang Anda sudah mengetahui cara custom domain WordPress, sehingga Anda bisa menggantinya sendiri. Yang perlu Anda lakukan hanya menyambungkan domain yang Anda miliki ke website WordPress, setelah itu mengganti nameserver di bagian halaman pengaturan domain.

Sebagian orang mungkin masih cukup dengan akun gratis dari WordPress.com, sehingga tidak perlu menerapkan cara custom domain WordPress di atas. Hanya saja bagi Anda yang mulai serius berbisnis melalui website, kami menyarankan untuk melakukan custom dan ikuti langkah-langkah cara custom domain WordPress tersebut.

Karena layanan gratis dari WordPress.com memiliki berbagai keterbatasan, seperti menggunakan subdomain yang dapat memberikan kesan tidak profesional kepada bisnis Anda nantinya. Bahkan jika Anda ingin leluasa mengelola website dari mulai penambahan fitur custom, yang perlu Anda lakukan adalah upgrade ke WordPress self-hosted.

Cara membuat website WordPress self-hosted sangat mudah, apalagi sekarang sudah banyak tersedia template wordpress gratis yang bisa Anda gunakan. Caranya Anda hanya perlu membeli hosting, instal WordPress & tema, lalu import konten dari WordPress.com ke website WordPress self-hosted Anda.

Selamat mencoba ya, good luck!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.