Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Menghapus Cache WordPress

Pentingnya Menghapus Cache di WordPress

Ada berbagai manfaat yang dimilikinya jika menghapus cache, cache tentunya juga memiliki beberapa dampak buruk jika terlalu banyak tersimpan dalam disk website Anda. Apa saja kerugian tersebut dan mengapa Anda harus membersihkannya secara rutin?

1. Membuat WordPress Rawan Error

Terkadang terjadi kesalahan dalam penyimpanan data cache website Anda. Sehingga, data-data akan menjadi rusak dan corrupt. Data-data corrupt yang tersimpan dalam WordPress Anda bisa menyebabkan website rawan error dan sulit memuat data.

2. Menghambat Update Terbaru

Cache memiliki kelebihan untuk membuat website Anda bisa diakses dengan lebih cepat. Namun, data-data yang tersimpan di dalamnya justru bisa membuat website sulit melakukan update jika sudah terlalu lama.

Misalnya, Anda baru saja mengupdate template, mengedit postingan blog, atau mengkonfigurasikan hal lain. Namun, ketika Anda mencoba mengakses blog, perubahan yang Anda lakukan tak bisa tampil. Hal ini biasanya terjadi karena cache yang menumpuk perlu untuk Anda bersihkan.

3. Menghabiskan Disk Space

Cache adalah data-data yang tersimpan dalam disk space. Jika tidak rutin dibersihkan, lama-kelamaan data itu akan menumpuk dan membuat disk space Anda penuh. Padahal, kita tahu bahwa disk space yang penuh justru membuat website jadi sulit diakses oleh pengunjung.

Disk Space yang penuh juga membuat Anda sulit memasukkan file, media, dan lain-lain ke dalam website Anda. Untuk menjaga disk space tetap lapang dan website Anda tetap terawat, ada baiknya Anda menghapus cache secara rutin.

Cara Menghapus Cache di WordPress

1. Cara Menghapus Cache WordPress di WP Super Cache

WordPress Super Cache merupakan salah satu plugin caching yang bisa digunakan pengguna WordPress. Untuk clear cache WordPress di WP Super Cache, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Login ke Dashboard WordPress Administrator.
  2. Buka Settings dan klik tombol WP Super Cache.
  3. Klik tombol Delete Cache yang terletak di bagian bawah Delete Cached Pages.

Selesai! Anda berhasil menghapus halaman cache.

2. Cara Menghapus Cache WordPress di W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin yang menawarkan beragam pengaturan dan juga kustomisasi. Beberapa blog terkenal, seperti Mashable, menginstall dan menggunakan plugin caching ini. Untuk clear cache WordPress di W3 Total Cache, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Login dashboard WordPress administrator.
  2. Klik tombol Performance, kemudian Dashboard.

  3. Klik tombol empty all caches yang terletak di bagian atas halaman.

Selamat! Anda baru saja berhasil menghapus cache yang ditimbulkan oleh plugin W3 Total Cache.

3. Cara Menghapus Cache WordPress di WP Fastest Cache

WP Fastest Cache adalah plugin caching yang mudah digunakan. Jika ingin clear cache WordPress di WP Fastest Cache, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke dashboard WordPress administrator.
  2. Buka halaman pengaturan WP Fastest Cache.

  3. Pilih tab Delete Cache dan klik tombol Delete Cache.

Selesai! Anda berhasil menghapus file cache.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.