Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Popup di WordPress Menggunakan Plugin

Sebelumnya telah membahas cara membuat popup di WordPress tanpa plugin, ada cara termudah lainnya yaitu dengan menggunakan bantuan plugin. Ada banyak pilihan plugin popup yang bisa Anda gunakan.

Pada pembahasan kali ini kami memilih plugin CM Popup, alasan kami menggunakan plugin tersebut karena pengaturannya sangat mudah.

Seperti apa cara membuat popup di WordPress menggunakan plugin CM popup?

Langkah 1: Login ke halaman admin website WordPress Anda terlebih dahulu.

Langkah 2: Instal dan aktifkan plugin CM Popup.

Install Now
Akitfkan plugin

Langkah 3: Buat popup, caranya masuk ke menu CM Popup Banners for WordPress dan klik Add New Campaign.

Langkah 4: Nantinya Anda akan diarahkan masuk ke halaman editor New Campaign dan isikan judul campaign untuk popup yang akan Anda buat. Sebagai contoh, Promo domain Indonesia Exabytes.

Langkah 5: Di bagian konten Anda bisa menambahkan gambar maupun video yang relevan dengan cara klik Add Media dan pilih salah satu gambar yang menarik.

Tambah gambar
Hasil gambar setelah ditambahkan

Langkah 6: Lakukan beberapa konfigurasi dibagian Campaign-Option.

Ada beberapa kolom konfigurasi yang perlu Anda isi, penjelasan setiap kolomnya adalah sebagai berikut:

  • Type: Pada bagian ini Anda bisa memilih tipe popup yang Anda inginkan, misalnya saja dalam hal ini kami memilih tipe Pop-Up.
  • Disable Campaign: Pada bagian ini Anda perlu mencentang menu jika masih ingin menampilkan popup di website Anda.
  • Width and Height: Kolom ini Anda gunakan untuk menentukan tinggi dan lebar popup yang nantinya Anda gunakan. Sebagai contoh 400px dan 600px.
  • Background Color: Berikan warna latar Popup yang nantinya akan muncul berupa kode warna hexadecimal.
  • Shape: Menentukan bentuk popup yang diinginkan.
  • Underlay Type: Ada 3 jenis underlay untuk pop up Anda diantaranya dark, light dan no underlay.
  • Hide Devices with Width Less Than: Pengaturan ini digunakan ketika Anda akan menentukan ukuran minimal layar device yang tidak akan memunculkan popup.
  • Snow on Every Page, Home Page or Selected Page: Pada bagian ini Anda bisa melakukan konfigurasi apakah popup akan ditampilkan di setiap halaman atau hanya di halaman tertentu saja.

Langkah 7: Setelah Anda melakukan konfigurasi berdasarkan kolom yang disediakan, selanjutnya klik Publish.

7 Plugin Popup Terbaik Lainnya

Ada beberapa plugin lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat popup di WordPress, di bawah ini kami mengulas secara mendalam beberapa plugin terbaik lainnya. Sehingga Anda bisa memahami lebih dalam sebelum memasang salah satu plugin tersebut.

Ninja Popup

Ninja popup adalah salah satu plugin popup WordPress yang populer sampai saat ini, salah satu alasan Ninja Popup menjadi salah satu plugin favorit adalah karena memiliki fitur yang responsif dan bekerja dengan baik di berbagai macam perangkat.

Konfigurasi plugin yang satu ini cukup mudah, Anda tidak perlu memiliki kemampuan programming untuk menggunakannya. Ninja Popup juga bisa membuat desain pop up yang sesuai dengan skema warna dari website Anda.

Getsitecontrol

Plugin Getsitecontrol adalah salah satu plugin yang populer dan kuat untuk WordPress, plugin ini telah berhasil membantu banyak pengguna WordPress dalam membuat widget yang berbeda. Semua Widget bisa dikelola dengan baik dalam satu dashboard.

Tidak hanya itu saja, Getsitecontrol juga bisa mengelola tampilan popup, audiens target dan integrasi. Plugin Getsitecontrol bisa Anda gunakan untuk membuat popup seluler yang bisa disesuaikan dengan website Anda.

Plugin ini tersedia dengan harga $7 perbulan, tenang saja Anda bisa mencoba secara gratis selama 7 hari. Jika sudah yakin maka Anda bisa berlangganan dengan beralih ke plugin berbayar.

Elementor Pro

Elementor tidak hanya digunakan untuk membuat desain website saja, Anda bisa membuat popup dengan Elementor Pro. Menggunakan Elementor Pro adalah salah satu cara membuat popup di WordPress termudah.

Popup yang dibuat di Elementor Pro juga bisa diatur waktu munculnya di halaman tertentu. Anda juga bisa membuat popup berdasarkan perangkat yang digunakan pengguna. Dana yang perlu Anda siapkan jika ingin menggunakan Elementor Pro adalah kisaran $49 per tahun.

Dana tersebut sepadan dengan fitur yang ditawarkan, ditambah Anda juga akan mendapatkan beberapa elemen desain. Sehingga Anda bisa membuat tampilan website yang cantik dan menarik secara visual.

Panduan menggunakan elementor secara lengkap dapat juga Anda temukan pada artikel berikut.

Popups by OptinMonster

Plugin Popups by OptionMonster ini sangat populer dan telah banyak membantu para marketer website untuk menonjolkan produk mereka kepada pengunjung website. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu keterampilan teknis yang rumit seperti programming.

Hanya dengan drag and drop saja sudah bisa membuat popup yang menarik dan bisa digunakan untuk pemasaran produk di website Anda. Tampilan desain popup yang dihasilkan sangat responsif, sehingga bisa berjalan normal di berbagai macam perangkat.

ConvertPlus

Plugin ini dirancang untuk membantu meningkatkan konversi di website Anda, ada banyak fitur yang ditawarkan plugin ini seperti memunculkan popup dengan layar penuh, popup dengan style Slide-in dan fitur lainnya.

Oh iya! Salah satu fitur favorit yang paling disukai penggunanya adalah fitur pemilihan template. Lebih dari 100 template yang bisa Anda gunakan dan Anda bisa custom template tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Plugin ConvertPlus bisa Anda integrasikan dengan beberapa plugin seperti WooCommerce, Zapier dan lain sebagainya.

Popup Maker

Popup Maker adalah salah satu plugin popup yang ada di WordPress, plugin ini gratis dan mudah untuk digunakan. Plugin Popup Maker cukup multifungsi dan juga fleksibel dalam penggunaannya, Anda bisa membuat berbagai jenis popup.

Melalui halaman editor dan juga pengaturan pop up nya, Anda bisa mengatur ukuran serta posisi animasi popup. Bahkan Anda bisa membuat berbagai macam overlay seperti slide out, banner bar, floating sticky dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengatur cookie untuk mengontrol seberapa sering pengunjung website Anda melihat popup. Popup yang bisa Anda buat bisa berupa formulir kontak yang Anda integrasikan dengan plugin lain seperti Ninja Forms, Gravity Forms dan Contact Form 7.

Fitur lainnya yang lebih canggih bisa Anda dapatkan dengan mengupgrade ke popup maker versi berbayar dengan biaya yang perlu Anda persiapkan sekitar $16 setiap bulannya.

Popup Builder

Popup Builder adalah salah satu plugin di WordPress yang bisa Anda gunakan secara gratis, di versi gratisnya Anda bisa membuat popup gambar, HTML, Facebook dan popup berupa formulir. Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak lagi, Anda bisa membeli ekstensi popup WordPress ini.

Dengan ekstensi tersebut Anda bisa mendapatkan fitur canggih seperti targeting popup berdasarkan negara, status aktivitas dan perangkat. Plugin Popup Builder juga bisa Anda integrasikan dengan platform lain seperti Aweber, MailChimp, Contact Form 7, WooCommerce dan lainnya.

Saatnya Buat Popup Terbaik Anda!

Penggunaan popup merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan conversion rate website. Anda bisa membuat popup dengan mudah menggunakan cara membuat popup di WordPress versi tanpa plugin maupun menggunakan plugin.

Kedua cara tersebut tidak akan mempengaruhi user interface website Anda menjadi lebih buruk. Justru sebaliknya, website user friendly akan Anda dapatkan karena desain popup dari plugin diatas cantik dan ramah untuk pengguna.

Selamat mencoba!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.