Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Popup di WordPress Tanpa Plugin

Apa Itu Popup?

Popup adalah jendela berukuran kecil yang biasanya muncul di halaman website sebagai pendorong pengunjung website agar melakukan tindakan. Misalnya seperti mengisi form, subscribe newsletter, subscribe blog, sampai membeli produk.

Perhatikan gambar di bawah ini, gambar tersebut adalah contoh popup:

Popup sangat berguna membuat pengunjung website tinggal berlama-lama di website, asalkan jendela popup yang Anda tampilkan mengandung informasi yang dinilai menarik oleh pengunjung website, seperti promo akhir tahun, diskon besar-besaran dan lain sebagainya.

Apakah Anda pernah ingin meninggalkan website, tapi Anda urungkan niat tersebut karena melihat informasi menarik dari jendela popup yang muncul? Yang awalnya ingin meninggalkan halaman website tersebut, tanpa sadar Anda malah berlama-lama karena ada info yang menurut Anda menarik.Nah itu adalah salah satu peran popup yaitu mencegah pengunjung meninggalkan website, 

Jenis Popup yang Kami Sarankan

Popup bisa memberikan dampak berbeda pada pengalaman pengguna dan bisa mempertahankan pengguna untuk tetap tinggal di website Anda, asalkan cara penggunaan dan jenis popup yang digunakan tepat.

Maka dari itu mari kita lihat berbagai jenis popup yang kami sarankan dan bagaimana popup ini tidak akan berdampak negatif terhadap SEO website Anda.

Overlay Popup

Popup overlay adalah jenis popup yang terbuka di jendela browser yang sama tepat diatas konten halaman website Anda. Overlay popup biasanya tidak banyak memakan tempat, jenis popup ini ramah SEO, bagus untuk notifikasi seluler, bisa digunakan untuk menampilkan pesan penting dan efektif dalam mengumpulkan data pengunjung berupa email dan kontak lainnya.

Tentu saja semua itu bisa Anda dapatkan jika digunakan dengan baik dan benar serta konten popup relevan dengan konten di website Anda.

Modal Popup

Bisa dibilang jenis popup yang satu ini sama dengan overlay popup. Perbedaannya adalah bahwa modal popup digunakan untuk tindakan seperti pemberitahuan, untuk form login dan untuk jendela masuk yang lainnya.

Modal popup adalah jenis popup yang cukup SEO friendly, bisa mendatangkan klik dan efektif dalam mengumpulkan database seperti alamat email.

Tips Membuat Popup yang Ramah SEO

Setelah Anda mengetahui jenis popup yang kami sarankan, bukan berarti jenis popup tersebut bisa berjalan maksimal dan tetap ramah SEO. Jika tidak digunakan dengan baik dan benar, kedua jenis popup yang kami sarankan tersebut bisa berubah menjadi berdampak negatif terhadap SEO.

Maka dari itu kami akan memberikan tips cara membuat popup di WordPress yang ramah SEO. Berikut tipsnya!

  • Hindari penggunaan popup yang menyertakan banyak konten.
  • Desain semenarik mungkin dan tonjolkan informasi yang ingin Anda sampaikan pada popup Anda.
  • Atur jeda waktu munculnya popup, biarkan pengunjung website menjelajahi website Anda sebelum muncul popup.
  • Cek halaman yang menghasilkan sumber traffic tinggi dan tempatkan popup sesuai dengan karakteristik traffic halaman website Anda.
  • Buat konten popup sederhana, relevan dan menarik. Sisipkan call to action untuk mengarahkan tindakan pengunjung.
  • Tawarkan sesuatu hal yang menarik untuk pengunjung mau mengklik dan menelusuri lebih dalam tentang isi konten yang ada di dalam nya, meskipun mereka telah menutup popup tersebut.

Cara Membuat Popup di WordPress Tanpa Plugin

Kami percaya dari banyaknya kemudahan yang ditawarkan plugin, ada saja pengguna website berbasis WordPress yang lebih memilih tanpa menggunakan plugin untuk memenuhi kebutuhan fitur website mereka.

Alasan mereka beragam dari mulai ingin menghemat space hosting Indonesia dan memang lebih suka tidak menggunakan plugin. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menggunakan tanpa plugin wajib mengikuti langkah-langkah cara membuat popup di WordPress berikut ini:

Buat Popup

Langkah 1: Kunjungi website https://popupsmart.com/.

Langkah 2: Buat akun gratis popupsmart.com dengan klik Get Started dan isi data diri di kolom yang disediakan atau agar praktis klik Register With Your Google.

Klik Get Started
Membuat akun popupsmart

Langkah 3: Setelah membuat akun, login dan buat popup baru dengan klik Create a New Popup.

Langkah 4: Pilih salah satu tujuan Anda membuat popup. Dalam hal ini kami memilih Grow your email list, karena kami ingin mengumpulkan email pengguna.

Langkah 5: Akan muncul jendela popup untuk mengisikan nama campaign dan menambahkan domain, kemudian klik save & close.

Langkah 6: Rancang desain pop up melalui editor cerdas dari Popup Smart.

Di halaman editor tersebut terdapat 4 menu di antaranya ada menu Layouts, Customize, Target dan Publish.

Berikut penjelasan masing-masing menu tersebut:

  • Layouts: Di menu ini tempat Anda memilih layouts dari template yang sudah disediakan, pilih yang menurut Anda cocok dan bagus.
  • Customize: Tentukan Headline, Image, Email Input dan lain sebagainya.
  • Target: Tentukan target dari popup yang Anda buat, ada 5 kategori target di popup smart ini di antaranya adalah Schedule, Audience, Visitor Behavior, Visitor Device, dan View Frequency.
  • Publish: Menu untuk mempublikasikan popup hasil rancangan Anda.

Langkah 6: Setelah Anda menentukan layout nya, kustomisasi, menentukan target, sekarang kita simpan dan publikasikan hasil rancangannya dengan klik Save & Publish.

Langkah 7: Salin kode popup yang muncul, caranya klik tombol copy to clipboard.

Pasang Popup di WordPress

Setelah Anda membuat popup di popsmart.com dan mendapatkan kode popup, saatnya Anda memasang kode tersebut di WordPress.

Langkah 1: Login ke halaman admin WordPress Anda.

Langkah 2: Klik Appearance > Theme Editor.

Langkah 3: Buka file header.php.

Langkah 4: Paste kode yang sudah sebelumnya di copy ke halaman Header.php dan klik tombol update file.

Paste kode di halaman header.php
Klik update file

Selesai, hasilnya kurang lebih akan seperti di bawah ini:

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.