Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya

Perlu Anda ketahui, Wordpess merupakan CMS (Content Management Sistem) yang sangat flexibel untuk membuat sebuah website, karena WordPress juga open source sehingga sangat mudah untuk mendapatkan update, dan menginstall banyak plugin atau tema di platform ini.

Dengan platform WordPress, Anda akan dengan mudah membuat website seperti company profile, website toko online, website marketplace dan masih banyak lagi. Dengan hanya menginstall tema yang sesuai dengan kebutuhan Anda, selanjutnya tinggal menyesuaikan tampilan tema dengan menginstall plugin sesui kebutuhan Anda.

Alasan Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya

Mengupgrade versi WordPress itu penting. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kinerja website Anda agar tetap optimal. WordPress yang terupgrade juga membuat website Anda semakin aman dari berbagai serangan berbahaya. Misalnya pencurian data atau hacker.

Sayangnya, mengupgrade WordPress tidak jarang malah menimbulkan masalah baru. Seperti website yang tidak berfungsi, halaman tidak bisa dibuka, tampilan halaman berubah dan sebagainya.

solusi sementara yang bisa Anda lakukan adalah mendowngrade WordPress ke versi sebelumnya. Apalagi isu tersebut biasanya terjadi akibat pemakaian plugin atau tema yang belum kompatibel di versi terbaru WordPress. Atau bisa juga dikarenakan adanya kesalahan error pada WordPress core Anda. Sehingga untuk mengatasinya pun sangatlah tidak mudah. 

Perlu anda ingat bahwa menggunakan versi WordPress yang outdated akan membuat website Anda semakin rentan. Entah rentan terhadap serangan keamanan atau kinerja website yang menurun.

Persiapan Sebelum Downgrade Versi WordPress 

Sebelum memulai untuk mendowngrade WordPress, pastikan untuk membackup semua data website Anda. Hal ini penting untuk berjaga-jaga ketika muncul isu atau error di tengah proses downgrade yang mengakibatkan data-data Anda hilang.

Ada banyak cara untuk membackup data di WordPress. Anda bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh layanan hosting Anda.

jika sudah melakukan backup full data website, Anda bisa melanjutkan ke proses downgrade. Perlu diketahui bahwa di artikel ini kami akan menjelaskan dua cara downgrade yang mudah yaitu dengan cara manual dan menggunakan plugins.

Downgrade WordPress Manual

  1. Non-aktifkan Semua Plugins

Sebelum melakukan downgrade, pastikan plugins Anda sudah tidak ada yang aktif. Berikut adalah cara menonaktifkannya.

  • Masuk ke dashboard WordPress Anda.

  • Pilih Plugins di menu dashboard. Lalu klik Installed Plugins.

cara downgrade wordpress

  • Centang kolom Plugins untuk menandai semua plugins yang akan dihapus.

cara downgrade wordpress

  • Klik Bulk Actions dan pilih Deactivate.


  1.  Mendowngrade Versi WordPress dengan FTP.

Selanjutnya, Anda bisa memulai langkah mendowngrade versi WordPress dengan FTP client. 

  • Untuk mendownload file versi lama WordPress , Anda bisa mengaksesnya di WordPress Release Archive. Kami sarankan Anda menggunakan versi WordPress kedua yang paling terakhir. Misalnya versi terbaru saat ini adalah 5.3.2, maka Anda bisa memilih versi 5.3.1. 

downgrade wordpress

  • Setelah terinstall, Anda bisa membuka aplikasi FTP client. Kemudian hapus file dengan format wp-admin dan wp-includes.

downgrade wordpress

  • Upload file versi WordPress yang sudah Anda download tadi, kecuali file wp-content. Setelah terupload, Anda bisa pilih Overwrite untuk menggantikan versi yang lama dengan versi terbaru. Lalu klik OK.

cara downgrade wordpress manual

  • Setelah itu, akan ada pesan muncul yang menawarkan apakah Anda ingin mengupdate database. Jika ya, Anda bisa pilih Update WordPress Database.

  • Selesai. Anda sudah berhasil mendowngrade versi WordPress sebelumnya. Untuk memastikan, Anda bisa mengecek nomor versi di halaman Updates pada menu dashboard.

cara downgrade wordpress manual


cara downgrade wordpress


Cara Downgrade Versi WordPress dengan Plugin

Jika Anda belum pernah menggunakan FTP client, Anda bisa mendowngrade WordPress dengan cara kedua yaitu menggunakan plugin.

Tentunya cara kedua ini sangat jauh lebih praktis. Sebab, semua prosesnya akan diotomatiskan langsung melalui plugin WP Downgrade. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1.  Install Plugin WP Downgrade.

Sebelum mendowngrade, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin WP Downgrade.

  • Login ke halaman dashboard WordPress Anda.

  • Pilih Plugins di menu dashboard, lalu klik Add New. 

  • Ketik nama Plugin WP Downgrade di kolom search. Tekan Enter.

  • Klik Install Now pada Plugin WP Downgrade.

  • Setelah terinstall, klik Acitvate.

cara downgrade wordpress manual

Langkah 2 – Downgrade Versi WordPress

  • Pilih Settings di menu dashboard, klik WP Downgrade.

cara downgrade versi wordpress

  • Setelah masuk ke halaman WP Downgrade Options, masukkan nomor versi WordPress yang ingin Anda install. Contohnya jika saat ini versi WordPress Anda 5.3.2, Anda bisa memasukkan nomor versi dibawahnya misalnya 5.0. Lalu klik Save Changes.

cara downgrade versi wordpress

  • Setelah tersimpan, Anda bisa scroll ke bawah dan menemukan pesan untuk mengunjungi halaman WordPress Updates. Kemudian klik Update Core.

cara downgrade versi wordpress

  • Setelah berhasil masuk ke halaman WordPress Updates, klik Re-install Now untuk mendowngrade versi WordPress.

cara downgrade wordpress

  • Anda telah sukses mendowngrade WordPress ke versi sebelumnya. Jika Anda sudah berhasil mengatasi isu di website dan ingin mengembalikan ke versi terbaru, silakan ulangi langkahnya dari awal tadi.


Selamat mencoba dan Terima kasih.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.