Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Backup WordPress Otomatis dengan Google Drive

Backup adalah proses menyimpan salinan file ke penyimpanan eksternal, sehingga dapat dipulihkan sewaktu-waktu jika terjadi error atau kehilangan data. Setidaknya ada 2 tujuan utama melakukan backup, yaitu mengembalikan data yang rusak atau hilang dan mengembalikan data ke keadaan sesuai backup dilakukan.

Cara Backup WordPress

Saat ini kita akan membahas bagaimana cara backup website WordPress menggunakan plugin UpdraftPlus. UpdraftPlus merupakan plugin yang menyederhanakan proses backup dan proses restore website WordPress.

Untuk plugin ini bisa melakukan backup dan restore secara terjadwal yang bisa memudahkan Anda menghindari kelupaan melakukan backup. Berikut langkah-langkah membuat backup WordPress menggunakan plugin UpdraftPlus :

Step 1. install plugin UpdraftPlus

  1. Login ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Setelah berhasil masuk ke Dashboard WordPress Admin, silahkan bisa klik menu Plugin >  Add New  > cari plugin UpdraftPlus di kolom pencarian, kemudian Install Now.

  1. Apabila sudah menginstall plugin UpdraftPlus, silahkan bisa klik tombol “Activate” terlebih dahulu.

Step 2. Pengaturan backup di WordPress

  1. Setelah anda berhasil menginstall dan mengaktifkan plugin UpdraftPlus, Selanjutnya klik Menu PengaturanUpdraftPlus Backups.

  1. Ketika sudah masuk ke dashboard plugin UpdraftPlus. Silakan klik menu “Settings” untuk memulai konfigurasi waktu backup dan lokasi penyimpanan menggunakan Google Drive.

  1. Setelah memilih waktu backup otomatis, maka silakan dilakukan save terlebih dahulu hingga ke bagian bawah dan akan menemukan menu “Save Changes”.
  2. Selanjutnya konfigurasi penyimpanan menggunakan Google Drive. Silahkan klik logo “Google Drive“. Kemudian scroll kebawah dan klik link dari “Authenticate with Google Drive“.

  1. Pilih alamat akun Gmail (Google Drive) yang ingin digunakan untuk penyimpanan file website WordPress Anda.

  1. Kemudian klik “Izinkan” agar plugin UpdraftPlus dapat terhubung dengan akun Google Drive Anda.
  1. Jika berhasil, maka akan ada tombol “Complete setup“. Silahkan klik “Complete setup” untuk kembali ke website.
  1. Silakan klik menu “Settings” di UpdraftPlus, dan klik “Save Changes“.
  2. Selain membuat backup secara otomatis ke Google Drive, Anda bisa membuat backup secara manual dengan menggunakan fitur “Cadangkan Sekarang” pada menu Cadangkan / Kembalikan di UpdraftPlus.

  1. Selamat, Anda telah berhasil setting UpdraftPlus Backups yang terhubung dengan media penyimpanan Google Drive.

    Selamat Mencoba.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.