Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Cek dan Memperbaiki Link Rusak di WordPress

Apa Itu Link Rusak (Broken Link) ?

Link rusak (broken link) atau juga dikenal sebagai tautan mati adalah link yang tidak lagi berfungsi. Link rusak dapat terjadi karena berbagai alasan, namun alasan paling umum adalah ketika sebuah halaman dihapus atau dipindahkan ke lokasi lain yang menyebabkan server menampilkan kesalahan 404 yaitu halaman yang tidak ditemukan.

Di situs WordPress, broken link biasanya terjadi saat memindahkan situs ke nama domain baru atau saat menghapus posting atau halaman tanpa redirect yang benar. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk secara teratur memonitor tautan yang rusak di situs Kamu dan memperbaikinya, sehingga Kamu dapat mencegah rusaknya peringkat SEO Kamu.

Penyebab Link Rusak (Broken Link)

Sebelum membahas cara mengetahui link rusak dan cara memperbaikinya, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab link rusak atau broken link. Tujuannya agar di masa depan Kamu bisa mencegah munculnya link rusak dan meminimalisirnya. Berikut beberapa penyebab umum yang membuat link tidak bisa dibuka atau rusak :

  • Kesalahan setting DNS atau Namaserver
  • Kesalahan saat mengetik tautan atau typo
  • Nama domain sudah kadaluarsa
  • Perubahan nama domain
  • Halaman atau postingan dihapus
  • Merubah permalink halaman atau postingan

Hal – hal diatas perlu Kamu ingat baik – baik agar kedepannya bisa meminimalisir keberadaan link rusak di website Kamu. 


Cara Menemukan Link Rusak di Website WordPress

Untuk menemukan link rusak sebenarnya bisa dilakukan secara manual namun tentu semua sepakat bahwa itu sangat tidak efektif dan menguras banyak waktu. Apalagi jika website Kamu sudah cukup lama dan memiliki banyak konten. Maka pada bagian ini Kami akan memberikan 2 metode cara menemukan broken link atau link rusak di website Kamu.

Cek Link Rusak di Website Menggunakan Google Search Console

Google Search Console adalah tools gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu webmaster mengelola visibilitas situs dalam hasil pencarian. Alat Ini juga memberi tahu Kamu jika ada kesalahan di website termasuk error 404 yang disebabkan oleh tautan yang rusak. Jadi pastikan Kamu sudah memasang tools ini yaa di semua website yang Kamu punya.

Kami anggap Kamu sudah mempunyai tools ini yaa, maka langkah selanjutnya yaitu Kamu masuk terlebih dahulu ke akun Google Search Console Kamu, klik tautan Coverage (Cakupan) di menu sebelah kiri.


Nah setelah Kamu klik menu Coverage, maka akan muncul data disebelah kanan dengan nama Error, valid with warning, valid dan excluded. Untuk melihat link rusak Kamu bisa klik bagian error atau excluded lalu dibawahnya akan muncul pesan – pesan error yang ada di website Kamu. Seperti dibawah ini 


Kamu hanya perlu klik not found 404 untuk menampilkan semua tautan di situs web secara detail yang merupakan link rusak dan menampilkan pesan kesalahan 404.

Kamu bisa mengklik tombol unduh export diatas kanan untuk mendapatkan daftar semua pesan kesalahan 404 di situs web Kamu. Kamu memerlukan data ini untuk memperbaiki link – link rusak yang ada di website.


Cek Link Rusak di Website Menggunakan Broken Link Checker

Untuk metode ini khusus untuk pengguna website WordPress, Kami akan menggunakan plugin Broken Link Checker. Perlu diketahui bahwa metode ini akan menguras sumber daya dan akan memperlambat situs web Kamu. Namun semua keputusan sepenuhnya ada di Kamu. Jika Kamu tidak mempunyai Google Search Console, maka jalan lainnya yaitu menggunakan cara ini atau menggunakan tools berbayar seperti SEMrush dan Ahrefs namun tidak akan Kami jelaskan disini.

Kembali ke topik, jadi plugin ini akan memeriksa tautan yang rusak di situs web termasuk tautan internal dan eksternal yang menghasilkan pesan kesalahan 404. Pertama, Kamu harus menginstal dan mengaktifkan plugin Broken Link Checker.


Setelah aktivasi, plugin akan mulai bekerja di latar belakang untuk menemukan tautan di posting, halaman, dan komentar Kamu. Kamu masuk ke bagian Tools »Broken Links untuk melihat laporan lengkapnya. 


Jika Kamu sudah mempunyai website untuk waktu yang lama, maka laporan ini juga akan menyertakan link rusak ke website pihak ketiga. Kamu perlu mengurutkan daftar secara manual untuk menemukan link rusak di website dan tetap mengaktifkan Broken Link Checker di website sampai Kamu memperbaiki link – link yang rusak. Setelah itu, Kamu dapat menonaktifkan plugin tersebut. Jika tidak di nonaktifkan, plugin tersebut akan terus memeriksa tautan yang rusak dan akan memperlambat server atau website Kamu. 


Cara Memperbaiki Link Rusak di WordPress

Kami sudah menunjukan 2 metode untuk menemukan link rusak di website WordPress. Sekarang mari bahas bagaimana cara memperbaiki link yang rusak di WordPress dengan mudah. Cara terbaik untuk memperbaiki tautan atau link yang rusak adalah mengarahkannya ke halaman lain. Misalnya, jika Kamu memindahkan konten artikel ke alamat lain, maka Kamu harus mengarahkannya ke artikel yang lebih baru.

Demikian pula, jika sebuah artikel sudah tidak ada lagi, maka Kamu perlu mengarahkan pengguna ke halaman serupa yang terkait erat dengan konten artikel lama. Kamu dapat melakukan ini dengan 301 redirect. Pertama, Kamu harus menginstal dan mengaktifkan plugin Redirection By John Godley terlebih dahulu. Jika sudah terinstal dan aktif di website WordPress Kamu langkah selanjutnya yaitu Kamu harus mengunjungi Tools » Redirection untuk mengatur pengalihan. Caranya yaitu Kamu masukkan tautan lama yang rusak di bidang ‘Source URL’dan URL baru di bidang ‘Target URL’.


Setelah itu, klik tombol ‘Add redirect’ untuk menyimpan perubahan tersebut. Kamu sekarang dapat mengujinya dengan mengunjungi link rusak yang lama, dan jika sudah terarah ke halaman baru maka sudah berhasil. Selanjutnya ulangi proses tersebut untuk semua link rusak yang ada di website Kamu.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.