Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mengubah Email Administrator di WordPress

Anda pernah memiliki website WordPress namun tidak pernah dipakai lagi karna lupa alamat email? Atau pernahkah anda mengalami lupa password dan tidak bisa klik lost password karena tidak tahu link verifikasinya berada di email mana? Untuk hal tersebut anda tidak perlu khawatir atau bingung harus bagaimana. Anda bisa mengubah alamat email dari dashboard WordPress ataupun dari phpMyAdmin langsung. 

Secara default, WordPress menggunakan email admin@namadomain sebagai email administrator. Namun sering kali pengguna belum membuat email tersebut atau bahkan belum tahu cara membuat dan menggunakannya.

Untuk ini, kami lebih menyarankan kepada Anda untuk mengganti email administrator dengan email yang sering Anda gunakan, agar kedepan dapat lebih mudah mengelola dashboard atau mendapatkan notifikasi dari WordPress.

Ada 2 cara mengubah email admin pada WordPress, berikut langkah-langkahnya :

A. Mengubah dari halaman dashboard WordPress

  1. Login ke dashboard namadomain/wp-admin
  1. Pilih menu Settings > General > ubah dibagian Administration Email Address
  1. Setelah diubah, Anda akan mendapatkan email konfirmasi diemail yang baru. Email baru aktif jika Anda sudah memverifikasinya.

Sebagai catatan, Karena di Rumahweb function mail() termasuk disable function. Perubahan ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah setting SMTP di WordPress. Apabila belum, silakan setting SMTP di WordPress dengan referensi berikut : Setting SMTP WordPress

B. Mengubah dari PhpMyAdmin

Jika cara diatas memerlukan verifikasi diemail baru. Cara ini tidak perlu. Setelah email administrator diubah, maka email baru akan langsung tersimpan.

Caranya dengan mengubahnya melalui PhpMyAdmin. Silakan simak langkah-langkahnya.

  1. Silakan Anda login ke cPanel/Plesk panel
  1. Klik menu PhpMyAdmin > pilih nama database website Anda
  1. Pilih table _options > ubah email dibagian admin_emailsimpan

Kesimpulan

Untuk Anda yang baru saja menggunakan WordPress, kami sarankan untuk menggunakan cara pertama yang lebih mudah. Namun jika Anda sudah terbiasa dengan kelola database atau kelola WordPress, cara kedua akan terasa lebih cepat dilakukan.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.