Dalam tutorial ini, kita akan menginformasikan cara menginstal dan mengkonfigurasi server SMTP dengan Windows Server. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim email baik secara langsung melalui Internet atau mentransfer ke server SMTP lain seperti Exchange atau Office 365.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah layanan yang memungkinkan pertukaran email di Internet dan dalam jaringan lokal. Untuk mencapai itu, SMTP berinteraksi dengan Mail Transfer Agent (MTA) dan memastikan pesan mencapai penerima yang dituju.
Berikut untuk cara menginstal dan mengkonfigurasi server SMTP pada Windows.
1. Tambahkan Peran dan Fitur di Dasbor Manajer Server
Dari Manager server, klik Tambah Dasbor pada panel kiri
Dari Dasbor, pilih opsi Tambahkan peran dan fitur untuk memulai wizard dan menginstal server SMTP.
![Membuka dasbor manajer server di Windows Server.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740412/original/Y9UHag6eAnkzNh7s27iOgTrbd-ZSEl5-FQ.png?1691546092)
untuk prasyarat menambahkan peran adalah:
- Memiliki kata sandi yang kuat di akun Administrator.
- Pengaturan jaringan yang dikonfigurasi di server.
- Bahwa Anda telah menginstal pembaruan keamanan terbaru.
Jika prasyarat sudah terpenuhi semua, untuk selanjutnya klik Next untuk melanjutkan penginstalan.
![Layar selamat datang dari panduan Tambahkan peran dan fitur.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740427/original/Z7yZBCiWGriMxxzobyg3crQdGEyerRqWlg.png?1691546110)
2. Pilih Jenis Instalasi
Pilih jenis instalasi akan dilakukan, pilih Role-based or feature-based installation selanjutnya klik Next .
![Memilih jenis instalasi untuk server SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740420/original/24gZ0S6dJXTgTJnrqWMERuT1BTxJ5qGi4g.png?1691546109)
3. Pilih Server Tujuan
Pilih server tempat instalasi yang akan dilakuka dan selanjutnya klik Next.
![Memilih server tujuan untuk instalasi SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740425/original/1WyVakhNd2R4ynGQnLMdDnToI0QCcr9NmQ.png?1691546110)
4. Pilih Peran Server
Pilih server yang memungkinkan Anda memilih fitur dan peran mana yang akan dipasang. Pertahankan pilihan default dan klik Next.
![Memilih peran server mana yang akan diinstal.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740429/original/NpkRnaW8zA31ryDRT-NQ3Eg9IkAE7DozPQ.png?1691546111)
5. Pilih Fitur
Langkah selanjutnya yaitu memilih fitur mana yang akan diinstal. Centang kotak untuk Server SMTP . Klik Next untuk melanjutkan.
![Memilih fitur server SMTP untuk instalasi.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740428/original/sWIccUJNWugnxAiGEP096mXsV3MxmGKuEw.png?1691546110)
6. Instal Fitur yang Hilang
Klik Tambahkan Fitur untuk menginstal dependensi dan Konsol Admin.
![Menginstal fitur yang hilang untuk SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740426/original/B2UhPkoclOTkLDqPcNokz-vYhyxujlM50A.png?1691546110)
Instal Peran Server Web
Lewati ringkasan peran IIS dengan mengklik Next
![Menginstal peran Server Web di OS Windows Server.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740404/original/l3bRKo6AG1CeS1vEga1Z5213klEbijoI9A.png?1691546073)
Instal Layanan Peran
Periksa semua layanan yang ingin Anda instal untuk peran Server Web. Opsi default telah dipilih sebelumnya. Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan ke langkah terakhir setelah Anda selesai memilih layanan.
![Memilih layanan mana yang akan diinstal di sepanjang peran server Web.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740430/original/f8qb2d0TioHuYj6eSunspaWGypQ6XjpOWA.png?1691546111)
7. Konfirmasi Instalasi
Wizard menampilkan jendela konfirmasi dengan ringkasan semua peran, layanan, dan fitur yang akan diinstal. Pastikan opsi Restart server tujuan secara otomatis jika diperlukan dicentang dan klik Instal untuk menyelesaikan penginstalan.
![Mengonfirmasi pemasangan SMTP dan fitur lain yang diperlukan.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740413/original/Vsd6JCLME1_TlyvrJW0zhHbD5bacKpVOmw.png?1691546092)
Setelah penginstalan selesai, klik Tutup untuk keluar dari wizard penginstalan.
Konfigurasi SMTP pada Windows
Untuk konfigurasi SMTP server menggunakan Internet Information Services (IIS) Manager 6.0. Berikut untuk langkah-langkahnya di bawah ini :
1. Buka IIS 6.0
Buka IIS Manager 6.0 dari dasbor Server Manager.
Pilih opsi Tools, dan temukan Manajer Internet Information Services (IIS) 6.0 dari menu dropdown:
![Membuka manajer Internet Information Services 6.0.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740411/original/06W_U9o8cFk4Fo1Y3a4U2yT-vVSic3mNqg.png?1691546092)
2.Konfigurasi SMTP Virtual Server
Di IIS Manager 6.0, anda dapat klik kanan [SMTP Virtual Server #1].
Pilih Properti dari dropdown menu.
![Mengkonfigurasi properti server virtual SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740423/original/MqTj03DGMyxCwZmKlRrcm3c5FEWl264qzg.png?1691546110)
Langkah 3: Konfigurasikan Relai
Opsi relai memungkinkan Anda untuk menyampaikan email melalui server virtual SMTP.
Mengonfigurasi Akses Server
1. Di properti [SMTP Virtual Server #1], klik tab Access dan pilih tombol Relay:
![Mengatur pengaturan relai untuk SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740424/original/KuCxSyzdOWhEtqYHYUFDXnzqpGGiEJgl1w.png?1691546110)
2. Pilih opsi Tambah... untuk mengatur komputer mana yang diizinkan untuk menyampaikan email melalui server SMTP.
![Menambahkan komputer ke pengaturan relai SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740421/original/RH79_ECvdF9p8fb07xEoxKVEV5Y3uvDwgQ.png?1691546110)
Pilih opsi Single Computer dan masukkan 127.0.0.1
untuk memungkinkan localhost merelai email melalui server SMTP. Anda juga dapat menentukan sekelompok komputer menggunakan opsi Grup komputer.
Klik OK untuk mengonfirmasi perubahan.
![Memasukkan alamat IP localhost ke pengaturan relai.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740422/original/eXzxQ9eauYebkwrmmCnNccRHTWHlHFd7KQ.png?1691546110)
Langkah 4: Konfigurasikan Opsi Keamanan
Tab Pengiriman properti [SMTP Virtual Server #1] berisi pengaturan berbeda yang terkait dengan interval mencoba kembali mengirim email keluar setelah pengiriman gagal, dan opsi keamanan yang berbeda.
Untuk mengonfigurasi opsi keamanan, klik Keamanan Keluar.
![Mengonfigurasi opsi keamanan SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740419/original/hPEfqA12orXnl-vNd-m8vlJ85_F1A3CdbA.png?1691546106)
Jendela pop-up memungkinkan Anda memilih salah satu dari empat opsi untuk mengamankan server SMTP Anda:
- Akses anonim. Menonaktifkan otentikasi server SMTP karena tidak memerlukan nama akun atau sandi.
- Otentikasi dasar. Digunakan saat mengirim email ke akun pribadi atau pertukaran. Opsi ini meneruskan nama akun dan kata sandi sebagai teks yang jelas, jadi pastikan untuk menggunakan enkripsi TLS jika Anda memilih opsi ini.
- Otentikasi Windows terintegrasi. Menggunakan nama domain Windows dan kata sandi untuk autentikasi.
- Enkripsi TLS. Gunakan TLS untuk mengamankan koneksi. Opsi ini mengharuskan Anda menginstal sertifikat SSL yang valid di server.
![Memilih jenis keamanan untuk SMTP.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740418/original/ycGy9Y3V2rJ4grTTkvaUgXJLOSvw5CnXAg.png?1691546106)
5: Mulai ulang Server SMTP
Mulai ulang SMTP Server untuk menerapkan perubahan. Klik kanan [SMTP Virtual Server #1], pilih Berhenti, kemudian pilih Mulai.
![Memulai ulang server SMTP di Windows.](https://s3.amazonaws.com/cdn.freshdesk.com/data/helpdesk/attachments/production/14126740417/original/gPnqNXg0GzR9KwlXZPhUssbV5d05sU9Txw.png?1691546106)