Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Cek Service RDP (Remote Desktop)

Artikel ini akan membantu anda apakah service RDP / Remote Desktop sudah running atau butuh restart service karena suatu hal tertentu.


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah buka powershell atau cmd kemudian ketik services.msc



Kemudian jendela baru akan segera terbuka dan berisi daftar service yang terpasang pada Windows Server anda. Pastikan untuk berhati-hati dalam mengklik pada jendela daftar service ini.


Untuk mengecek apakah service RDP atau Remote Desktop ini sedang running atau butuh restart service, kita harus cari berdasarkan alphabetik nama. Anda bisa memanfaatkan fungsi scroll yang ada di sebelah kanan untuk menggeser sampai ke bawah hingga abjad R.



Service yang perlu diperhatikan adalah "Remote Desktop Services". Pastikan service ini dalam keadaan "Running". Namun jika tidak dalam keadaan running atau membutuhkan restart service, maka bisa mengklik kanan pada bagian baris Remote Desktop Service kemudian pilih opsi yang tersedia.



Jika anda sedang masuk ke dalam server menggunakan RDP / Remote Desktop maka kemungkinan besar akan ada waktu time out yang akan menyebabkan anda terputus sesi RDP nya. Namun jangan takut, anda dapat kembali tersambung ketika service RDP sudah selesai di restart.


Waktu yang dibutukan untuk melakukan restart service adalah 5-10 detik saja.


Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.