Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install HHVM dan Nginx di VPS Linux

Apa itu HHVM?

HHVM adalah sebuah mesin yang dapat digunakan untuk menjalankan kode program yang ditulis dalam bahasa PHP. Intinya HHVM Ini berfungsi sebagai “mesin” yang dapat mengeksekusi kode PHP dengan lebih cepat dari pada jika kode tersebut dijalankan menggunakan interpreter PHP biasa.

HHVM mengompilasi kode PHP menjadi bytecode yang kemudian dijalankan di mesin virtualnya, sehingga proses eksekusi menjadi lebih cepat. 

HHVM juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti dukungan untuk pemrosesan asinkron dan bahasa pemrograman Hack. Jadi, secara singkat, HHVM adalah mesin yang dapat membantu menjalankan kode PHP dengan lebih cepat dan efisien.

Apa itu Nginx?

Nginx adalah sebuah web server yang populer dan banyak digunakan untuk mengelola lalu lintas web. Fitur-fitur yang dimiliki oleh Nginx adalah web server, reverse proxy, load balancer, dan HTTP cache.

Pengembang Nginx adalah Igor Sysoev di tahun 2002 dan dikenal publik pada tahun 2004. Di awal peluncurannya, perangkat lunak ini langsung menarik perhatian para developer web dan bahkan banyak dari pengguna Apache juga mulai beralih ke Nginx.

Cara Install HHVM dan Nginx di VPS Linux

Baik, setelah Anda mengetahui apa itu HHVM dan Nginx. Sekarang kita sudah memasuki pembahasan teknis tentang cara install HHVM dan Nginx di linux VPS. 

Ikuti langkah-langkah cara install HHVM dan Nginx di linux VPS di bawah ini:

Install HHVM di Linux VPS

Langkah 1: Instal package yang dibutuhkan dengan perintah di bawah ini:

sudo apt-get install software-properties-common

Langkah 2: Tambahkan PPA untuk HHVM dengan perintah sebagai berikut,

sudo apt-add-repository ppa:mapnik/boost

Langkah 3: Update package index dengan perintah di bawah ini:

sudo apt-get update

Langkah 4: Instal HHVM dengan perintah di bawah ini: 

sudo apt-get install hhvm

Setelah proses instalasi selesai, jalankan perintah hhvm –version untuk memastikan HHVM telah terinstall dengan benar.

Install Nginx di Linux VPS

Langkah 1: Instal Nginx dengan memasukkan perintah di bawah ini:

sudo apt-get install nginx

Setelah instalasi selesai, jalankan perintah nginx -v untuk memastikan Nginx telah terinstall dengan benar.

Langkah 2: Lakukan konfigurasi Nginx dengan mengedit file konfigurasi di /etc/nginx/sites-available/default. Kemudian ubah bagian root menjadi direktori root aplikasi Anda dan tambahkan baris fastcgi_pass 127.0.0.1:9000; di bawah bagian location ~ \.php$ {.

Langkah 3: Jalankan perintah sudo service nginx restart untuk menerapkan perubahan konfigurasi. Caranya adalah dengan memasukkan kode di bawah ini:

service nginx restart

Selesai, pastikan bahwa Nginx dan HHVM sudah terinstal dengan baik dan benar. Caranya adalah dengan membuka alamat IP VPS Anda di peramban web.

Jika Anda menemukan kesulitan, hubungi technical support kami yang siap membantu Anda kapanpun.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang HHVM dan Nginx, singkatnya jika ditinjau dari kelebihan dan kekurangan. HHVM memang memberikan kemudahan berupa kompilasi pemrograman PHP dengan lebih cepat, akan tetapi membutuhkan lebih banyak memori daripada interpreter PHP biasa untuk menjalankan kode yang sama. 

Sedangkan Nginx jauh lebih cocok digunakan oleh pengguna Linux, sistem operasi lain seperti Microsoft Windows mungkin tetap bisa menjalankan Nginx, hanya saja dalam menjalankannya kurang maksimal.

Intinya, Anda bisa menggunakan Nginx dan HHVM jika memang tidak masalah dengan beberapa kekurangan yang ada dan tidak terlalu berpengaruh untuk performa website. Sebaliknya, jika kekurangan tersebut ternyata sangat berpengaruh, kami menyarankan untuk tidak menggunakan keduanya.

Jika Anda masih bingung cara menentukan pilihan yang terbaik antara menggunakannya atau tidak, technical support kami siap membantu. Silahkan Anda tanyakan tentang permasalahan Anda dan kebutuhan Anda.

Selamat Mencoba

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.