Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Tabel Responsive di WordPress

Apa itu TablePress?

TablePress adalah salah satu plugin tabel WordPress terbaik karena diprogram dengan baik, memiliki panduan serta tutorial yang lengkap, dan menawarkan fitur-fitur penting. Dengan TablePress, Anda bisa membuat, mengelola, dan mengedit tabel tanpa harus menguasai HTML. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh TablePress:

  • Fitur untuk mengimpor. Meskipun Anda bisa membuat tabel di WordPress dengan plugin, Anda juga tetap harus mengimpor file CSV, Excel, HTML, dan JSON yang telah dimiliki sebelumnya. Jika data sudah ada, maka pembuatan tabel bisa dilakukan dengan mudah. Anda pun tidak harus menginput semua data satu per satu.
  • Fitur untuk mengekspor. Walaupun sudah membuat tabel dengan plugin tabel di WordPress, data Anda belum terkunci. Dengan adanya fitur untuk mengekspor, Anda dapat mengekspor data ke format CSV, HTML, atau JSON. Jika hendak mentransfer website, Anda juga harus memindahkan data karena hal ini sangatlah penting.
  • Mendukung formula. Jika Anda sudah terbiasa membuat tabel dengan Excel, maka Anda bisa menggunakan plugin tabel di WordPress, yakni TablePress. Plugin ini men-support formula sehingga Anda tidak perlu menghitung manual. Anda bisa menghitung langsung di plugin TablePress.
  • Ekstensi. Terdapat sejumlah add-ons yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola dan mengembangkan fungsionalitas plugin. Ekstensi ini menyediakan lebih banyak fitur, seperti responsive table, table filtering, table to PDF download, row order control, dan masih banyak lagi. Sebagian besar plugin bisa didapatkan dengan gratis meskipun plugin premium mengharuskan Anda untuk membayar pada saat proses download berlangsung.

Cara Membuat Tabel di WordPress

Pada panduan ini, kami akan menggunakan plugin TablePress untuk membuat tampilan tabel menjadi responsive. Berikut langkah-langkahnya.

1. Instalasi Plugin TablePress

Berikut langkah-langkah instalasi plugin TablePress melalui dashboard.

  • Pada dashboard wp-admin, klik menu Plugins Add New. Selanjutnya pada kotak pencarian ketikkan tablepress Klik Install Now seperti pada gambar berikut.
  • Setelah selesai proses install, klik Activate.

2. Cara Membuat Tabel

Setelah plugin terinstal, lanjutkan pembuatan tabel dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pilih menu TablePress Add New Table.
  • Isikan nama tabeldeskripsi, dan jumlah baris serta kolom. Lanjutkan klik Add table.
  • Masukkan data yang ingin ditampilkan ke dalam tabel pada kolom Table Content.
    Anda juga bisa mulai mengelola tabel dengan mengisikan informasi yang relevan. Menginput informasi ke tabel sangatlah mudah dan hampir sama dengan ketika Anda membuat tabel di spreadsheet Excel.
  • Setelah memasukkan informasi ke tabel dan mengubahnya sesuai keinginan Anda, klik Save Changes dan insert tabel ke halaman atau post yang sudah ada dengan menggunakan shortcode yang telah diberikan.

3. Cara Menambahkan Tabel di Post atau Halaman WordPress

Ada dua cara menambahkan tabel di WordPress.


1. menggunakan shortcode yang terkait dengan tabel Anda. Cukup salin dan tempel (copy and pasteshortcode tersebut ke halaman atau post yang sudah dibuat dan tabel akan muncul. 



2. menggunakan opsi Insert a Table from TablePress yang ada di toolbar. 



Setiap kali Anda membuat halaman atau post, pilih opsi yang telah disebutkan di atas, kemudian pilih tabel, lalu secara otomatis tabel akan ditambahkan ke halaman yang telah dibuat.

selamat mencoba!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.