Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Landing Page di WordPress

Metode pembuatan landing page, kami bagi menjadi 3 cara diantaranya cara membuat landing page tanpa plugin dan menggunakan plugin elementor.

Pembahasan kami mulai dari cara membuat landing page tanpa plugin, jangan sampai di skip ya!

Cara 1: Membuat Landing Page Tanpa Plugin

Cara pertama cocok untuk Anda yang menggunakan tema blok, hanya saja cara ini tidak bisa dilakukan di semua tema WordPress. Karena jika tema yang Anda gunakan bukan berbasis blok, kami sarankan Anda menggunakan bantuan plugin untuk membuat landing page.

Langkah 1: Caranya cukup buat halaman di WordPress dengan klik Page > New Page.

Langkah 2: Klik Add Title.

Langkah 3: Tambahkan blok ke halaman, caranya klik tombol “+” berwarna biru. Sebagai percobaan, kami akan menambahkan elemen Heading.

Langkah 4: Anda bisa menyesuaikan blok dan mengubah formatnya, misalnya saja Anda bisa menambahkan paragraf, teks dan menerapkan tulisan bold dan miring.

Langkah 5: Jika diperlukan Anda bisa menambahkan kumpulan balok lainnya seperti tombol dan lainnya di kolom tools yang sudah disediakan.

Sekarang, Anda sudah berhasil membuat landing page tanpa menggunakan plugin. Jika cara ini masih dinilai rumit, Anda bisa menggunakan bantuan elementor.

Yuk kita cari tahu pembahasannya di bawah ini, jangan sampai di skip ya!

Cara 2: Membuat Landing Page dengan Bantuan Plugin Elementor

Elementor adalah salah satu plugin page builder WordPress yang telah banyak digunakan oleh jutaan pengguna. Jika Anda belum mengetahui apa itu elementor, kami sudah menjelaskan secara singkat di artikel tentang panduan menggunakan elementor.

Sekarang mari kita manfaatkan keunggulan elementor untuk membuat landing page yang menarik perhatian calon pelanggan.

Dalam artikel ini kami hanya akan membuat landing page sederhana, jika Anda mempraktekkan cara ini kami harapkan Anda membuatnya dengan serius dan menerapkan tips membuat landing menarik di atas.

Langkah 1Login ke WordPress, cari Elementor dan install. Cek panduan cara instal plugin di WordPress, jika Anda lupa cara instal plugin di WordPress.

Langkah 2: Buat halaman baru dengan klik Page > Add New Page.

Langkah 3: Di halaman yang sudah kita buat, klik Edit With Elementor.

Tunggu sampai tampilan seperti di bawah ini muncul.

Langkah 4: Kemudian klik tombol “+”, tujuannya untuk memilih kolom yang Anda inginkan tampil di website dan lakukan cara di langkah 4 ini untuk menambahkan kolom lebih dari satu.

Menambahkan Elemen di Elementor
Pilih Salah Satu Kolom di Elementor untuk Landing Page

Langkah 5: Setelah menambahkan kolom, saatnya kita rancang landing page dan pastikan Anda sudah membuat sketsa desain landing page di kertas terlebih dahulu agar tidak kebingungan.

Di langkah 5 ini pertama Anda bisa memasukkan heading, image, Google Maps, Icon, Image Box dan lainnya di kolom yang sudah disediakan.

Menambahkan Basic Elemen Elementor for Landing Page

Dalam demo ini, sebagai contoh kami akan menggunakan Text Editor, Image dan Heading.

Contoh Menambahkan Elemen Elementor for Landing Page

Langkah 6: Kami akan melakukan pengaturan di Text Editor terlebih dahulu, caranya klik elemen Text Editor dan lakukan settingan di bagian samping.

Disana Anda bisa mengubah konten text editor dari mulai huruf, warna dan lainnya.

Langkah 7: Bagian image juga sama dengan text editor tinggal di klik dan lakukan pengaturan di samping, sedangkan untuk memasukkan gambar klik Choose Image dan pilih gambar dari PC Anda.

Anda juga bisa mengubah ukuran gambar, letak posisi dan caption.

Langkah 8: Di bagian elemen heading juga sama dengan elemen lainnya, klik dulu elemen heading dan lakukan pengaturan di bagian kiri.

Di bagian kiri juga Anda bisa melakukan settingan HTML Tag, Title, Size dan lainnya.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil membuat landing sederhana.

Buat Landing Page Anda Sendiri!

Itulah panduan cara membuat landing page yang bisa menarik perhatian calon pelanggan, agar landing page buatan Anda bisa menarik perhatian calon pelanggan. Kami sarankan Anda untuk menerapkan semua tips yang kami berikan, jadi tidak hanya mempraktekkan kedua cara membuat landing page di atas.

Tips tambahan, landing page yang baik adalah landing page yang memiliki kecepatan yang baik. Kecepatan yang baik juga dipengaruhi oleh hosting yang Anda gunakan. Kami sarankan untuk menggunakan WordPress hosting yang dilengkapi dengan NVMe SSD drive untuk kecepatan loading lebih cepat.

Selamat mencoba ya!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.