Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Daftar Isi Artikel di WordPress

3 Plugin Daftar Isi WordPress yang Direkomendasikan

Untuk menemukan plugin table of content yang Anda butuhkan, Anda bisa menuju menu plugin di dashboard WordPress. Setelah itu pilihlah “Add New“. Setelah laman “Add Plugins” terbuka, ketikkan kata kunci “table of content” di kolom pencarian kemudian tekan Enter di keyboard Anda.


Anda akan menemukan beberapa plugin table of content. Lantas, mana yang sebaiknya dipilih? Tiga plugin yang tampil di atas sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Anda cukup memilih salah satunya.

1. Easy Table of Contents

Seperti namanya, plugin daftar isi yang satu ini mudah untuk digunakan. Plugin ini bisa menambahkan daftar isi secara otomatis ke post, page dan custom post di WordPress Anda.

Selain itu juga dapat bekerja dengan baik di Classic Editor, Gutenberg, serta beberapa page builder seperti Divi, Elementor dan WPBakery. Easy Table of Contents sudah dipasang hingga lebih dari 200 ribu kali oleh pengguna WordPress dengan rata-rata rating 4,5 bintang.

2. LuckyWP Table of Contents

Plugin daftar isi WordPress satu ini juga dapat membantu Anda membuat daftar isi yang menarik pada post, page dan custom post di web atau blog Anda. Menariknya, LuckyWP Table of Contents mendukung kustomisasi tampilan dengan sangat baik.

Selain dapat digunakan secara otomatis, plugin ini juga mendukung penggunaan secara manual sehingga Anda bisa memilih artikel mana yang perlu diberi daftar isi dengan yang tidak. Telah dipasang lebih dari 60 ribu kali dengan rating 5 bintang.

3. Table of Content Plus

Sama halnya dengan 2 plugin daftar isi WordPress sebelumnya. Plugin satu ini juga bisa memudahkan Anda menambahkan daftar isi pada artikel Anda. Table of Content Plus mendukung penggunaan shortcode sehingga Anda bisa mengatur letak daftar isi atau memilih untuk tidak menggunakannya pada halaman tertentu. Plugin ini sudah dipasang lebih dari 300 ribu kali dengan rating 4,5 bintang.


Cara Membuat Daftar Isi di WordPress

Jika Anda bertanya, mana dari 3 plugin daftar isi WordPress yang sudah saya sebutkan tadi yang paling bagus, Table of Content Plus dari segi jumlah instalasi atau LuckyWP Table of Contents dari segi rating. Namun kali ini, saya akan mendemokan cara membuat daftar isi di WordPress dengan plugin LuckyWP Table of Contents. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Install Plugin LuckyWP Table of Contents

Cara memasang plugin adalah mengeklik “Install Now” pada hasil pencarian seperti gambar sebelumnya. Setelah plugin tersebut terpasang, Anda perlu melakukan aktivasi dari plugin tersebut agar bisa digunakan.



2. Atur Plugin

Pengaturan plugin dapat dilakukan pada list “Installed Plugin” atau menu “Settings > Table of Contents“. Ada beberapa pengaturan yang bisa Anda lakukan, seperti pengaturan General, Appearance, Auto Insert dan sebagainya.

Anda tidak perlu mengubah semuanya, beberapa yang saya rekomendasikan diubah adalah General > Header > Title. Anda bisa tetap membiarkan judul daftar isi Anda sebagai “Contents” atau mengubahnya menjadi “Daftar Isi” atau sesuka Anda.

Setelah itu pindah ke tab “Appearance”, Anda bisa mengubah tampilan warna dan sebagainya jika Anda mau. Untuk tab “Auto Insert” silakan centang “Enable” jika Anda ingin daftar isi tampil secara otomatis di setiap artikel.

Jangan lupa atur posisi dari daftar isi serta jenis post yang ingin ditambahkan daftar isi otomatis. Pengaturan otomatis akan sangat membantu jika artikel di WordPress Anda sebelumnya sudah banyak dan tidak memungkinkan untuk ditambahkan secara manual.



3. Tambahkan ke Dalam Artikel

Pengaturan standar LuckyWP Table of Contents adalah penambahan manual ke dalam postingan. Jika Anda melakukan pengaturan daftar isi otomatis, Anda bisa melewati proses ini.

Adapun cara menambahkan daftar isi secara manual adalah dengan mengeklik icon table of content di atas area mengetik Anda (untuk classic editor). Setelah itu Anda masih bisa melakukan kustomisasi lebih lanjut jika ingin atau langsung Save sesuai pengaturan. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.




Namun jika Anda menggunakan block editor, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan block “Table of Contents” ke dalam artikel yang sedang Anda tulis. Atau bisa juga dengan menggunakan block “Classic” lalu mencari ikon table of contents seperti gambar sebelumnya.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.